Hubungan Antara Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi TikTok
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n02.p676-691Keywords:
Manajemen waktu, Prokrastinasi akademik, Aplikasi tiktokAbstract
Manajemen waktu adalah suatu kemampuan yang digunakan oleh seseorang untuk merencanakan, mengatur serta memanfaatkan waktu secara efektif dalam menjalankan aktivitas akademik. Sedangkan prokrastinasi akademik merupakan kecenderungan mahasiswa dalam menunda menyelesaikan tugas atau aktivitas akademik yang seharusnya dilakukan dalam waktu tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa pengguna aplikasi tiktok. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang diukur dengan dua skala, yakni skala manajemen waktu berdasarkan teori Therese Hoff Macan dan skala prokrastinasi berdasar pada teori Svartdal & Steel. Responden dalam penelitian ini adalah Mahasiswa di Kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan secara online dengan pengumpulan data melalui google form. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling insidental dan diperoleh subjek sebanyak 385 Mahasiswa. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji korelasi pearson. Berdasarkan hasil olah data, diketahui bahwa terdapat korelasi negatif yang signifikan antara manajemen waktu dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa pengguna aplikasi Tiktok yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,540, yang artinya manajemen waktu dan prokrastinasi akademik memiliki tingkat hubungan yang sedang. Sehingga, semakin baik kemampuan mahasiswa dalam mengatur waktu, maka semakin kecil kecenderungannya untuk menunda tugas.
Abstract
Time management is an ability used by someone to plan, organize and utilize time effectively in carrying out academic activities. While academic procrastination is the tendency of students to delay completing tasks or academic activities that should be done within a certain time. The purpose of this study was to determine the relationship between time management and academic procrastination in students who use the TikTok application. This study uses a quantitative approach method measured by two scales, namely the time management scale based on Therese Hoff Macan's theory and the procrastination scale based on Svartdal & Steel's theory. Respondents in this study were students in Surabaya City. This research was conducted online by collecting data through Google Form. The sampling technique used the incidental sampling method and obtained 385 students as subjects. The analysis used is descriptive statistical analysis and Pearson correlation test. Based on the results of data processing, it is known that there is a significant negative correlation between time management and academic procrastination in students who use the TikTok application as indicated by a correlation coefficient value of -0.540, which means that time management and academic procrastination have a moderate level of relationship. Thus, the better a student's ability to manage time, the less likely they are to postpone assignments.
Downloads
References
Achmad, N., & Dewi, D. K. (2022). Hubungan Intensitas Pengguna Media Sosial Terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Menyelesaikan Skripsi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 7(9), 96–106. https://doi.org/10.26740/cjpp.v9i7.48071
Afrelia, N. D., & Khairat, M. (2022). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Tiktok dengan Kontrol Diri pada Remaja. Jurnal SPIRITS, 12(2), 62-71. https://doi.org/10.30738/spirits.v12i2.12808
Alajaili, H. M., & Barella, Y. (2023). Exploring The Factors and Experience of Academic Procrastination Among Libyan Student: A Qualitative Study. Journal on Education, 5(4), 17738–17744. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4480
Amruddin., Priyanda, R., & Agustina, T. S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. CV. Pradina Pustaka.
Ansyah, E. H., & Pratiwi, Y. N. (2024). Confirmatory Factor Analysis Pada Skala Prokrastinasi Akademik Untuk Siswa SMA. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.26539/teraputik.812813
Asfuri, N. B., Meisari, I., & Ambarsari, R. Y. (2023). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 03 Banjarharjo Kebakkramat Karanganyar. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 10(1), 15–29. https://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/2478
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024, February 7). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 211 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Bangun, M. F. A., & Sovranita, D. (2022). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 575–582. https://doi.org/10.5281/zenodo.7388684
Bunda, T. P., & Sano, A. (2023). Hubungan Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Neo Konseling, 5(2), 59. https://doi.org/10.24036/00720kons2023
Claessens, B. J. C., van Eerde, W., Rutte, C. G., & Roe, R. A. (2007). A review of the time management literature. Personnel Review, 36(2), 255–276. https://doi.org/10.1108/00483480710726136
Darmawan, D. K., Agustina, & Wati, L. (2023). Manajemen waktu berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik. Natucal: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 329–337. https://doi.org/10.55904/nautical.v2i5.839
Dayantri, S., & Netrawati, N. (2023). Manajemen Waktu dan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21137–21143. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9626
Fahira, S. N., & Hidayati, I. A. (2022). Hubungan Kontrol Diri dalam Penggunaan Sosial Media dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Ilmiah Psikologi Mind Set, 13(2), 117–127. https://doi.org/10.35814/mindset.v13i02.4054
Fahmayanti, N. (2016). Motivasi dan Manajemen Waktu Pada Mahasiswa Wirausaha. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4247
Fatika, R. A. (2024). 10 Negara dengan Pengguna TikTok Terbesar, Indonesia Urutan Berapa? GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/10-negara-dengan-pengguna-tiktok-terbesar-indonesia-urutan-berapa-xFOgI
Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). PROCRASTINATION AND TASK AVOIDANCE Theory, Research, and Treatment. Plenum Press.
Firliana, D., & Dariyo, A. (2023). Dampak Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA X Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28056–28062. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11295
Forsyth, P. (2007). Successful Time Management (Second Edition). Koganpage.
Ghufron, M. N., & S, R. R. (2010). Teori-teori Psikologi. Ar Ruzz Media.
Hakim, N. R., Prihandhani, I. S., & Wirajaya, I. G. (2019). Hubungan Manajemen Waktu dengan Kebiasaan Prokrastinasi Penyusunan Skripsi Mahasiswa Keperawatan Angkatan VIII Stikes Bina Usada Bali. Widyadari Jurnal Pendidikan, 19(2), 1–8. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/180
Hayani, S., Dahlia, D., Khairani, M., & Amna, Z. (2022). Kecanduan Internet dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah, 5(2), 177–208. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v5i2.27441
Husain, A. R., Wantu, T., & Pautina, Moh. R. (2023). Perilaku Prokrastinasi Akademik dan Faktor Penyebabnya pada Mahasiswa. Student Journal of Guidance and Counseling, 2(2), 145–157. https://doi.org/10.37411/sjgc.v2i2.1907
Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.
Justiadila, S. R., Asrori, M., & Wicaksono, L. (2024). Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(4), 217–227. https://doi.org/10.60132/jip.v2i4.420
Khoirunnisa, R. N., Soetjipto, B. E., Chusniyah, T., Rahmawati, H., & Boonroungrut, C. (2024). Academic Self-Efficacy and Future Time Perspective Predict Academic Procrastination: The Mediating Function of Academic Self-Control. International Journal of Body, Mind and Culture, 11(5). https://doi.org/10.22122/ijbmc.v11i5.806
Kristanto, Y., Wijono, S., & Tulung, C. R. (2023). The Correlation Between Time Management and Anxiety in Master of Education Graduate Students in XYZ University Jakarta. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5488
Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif (Edisi Revisi). Yayasan Kita Menulis.
Levy, P. S., & Lemeshow, S. (2013). Sampling of populations: methods and applications. John Wiley & Sons.
Macan, T. H. (1994). Time management: Test of a process model. Journal of Applied Psychology, 79(3), 381–391. https://doi.org/10.1037/0021-9010.79.3.381
Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. Jurnal Ilmiah Society, 1(1), 1–10. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/35815
Ma’una, S. V, Islamiyah, I. I., & Nurjannah Iqlima, Z. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Tingginya Minat Generasi Post-Millenial Indonesia Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik-Tok. Social Science Educational Research, 2(1), 40–53. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sosearch
McCloskey, J., & Scielzo, S. A. (2015). Finally!: The Development and Validation of the Academic Procrastination Scale. Experiment Finding, 2(24). Doi:10.13140/RG.2.2.23164.64640
Milania Rasmitasari, D., Rahman, A., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Intensitas Mengakses TikTok Terhadap Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa SMA N 3 Sragen. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 1055–1060. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index
Milgram, N., & Tenne, R. (2000). Personality Correlates of Decisional and Task Avoident Procrastination. European Journal of Personality, 14(2), 141–156.
Munawwaroh, N., Indreswari, H., & Hotifah, Y. (2022). Analisis Hubungan Manajemen Waktu dan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 7(2), 2548–6683. https://doi.org/10.17977/um027v7i22022p108-118
Mutiara, I. (2023). Manajemen Waktu pada Mahasiswa Universitas Indonesia Mandiri. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi (JMBO), 2(2), 104–110. https://doi.org/10.58290/jmbo.v2i2.187
Nabila, R. (2023). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Prokrastinasi Akademik Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.169
Nadhirin, A. U., & Surur, A. M. (2020). Manajemen Waktu Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. Aṣ-Ṣibyān Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81–91. https://doi.org/10.32678/assibyan.v5i2.10550
Ompusunggu, M. M. (2022). Pengaruh Manajemen Waktu dan Kecenderungan Kecemasan Terhadap Prokrastinasi Skripsi Pada Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 241–251. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i2.6966
Prasetiyo, S. M., Gustiawan, R., Farhat, & Albani, F. R. (2024). Analisis Pertumbuhan Pengguna Internet Di Indonesia. BIIKMA : Buletin Ilmiah Ilmu Komputer Dan Multimedia, 2(1), 65–71. https://jurnalmahasiswa.com/index.php/biikma/article/view/1032
Pratiwi, A. J., Yanizon, A., Hasibuan, W. F., Marpaung, J., & Ramdan. (2024). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Bimbingan Konseling di Universitas Riau Kepulauan. Sindoro CENDIKIA PENDIDIKAN, 6(6). https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252
Prihantoro, E., K, S. D., & Ohorella, N. R. (2021). Instagram dan Prokrastinasi Akademik Bagi Mahasiswa Saat Pandemi Covid 19. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(2), 167–178. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i2.9672
Putri, N. I., & Edwina, T. N. (2020). Task Aversiveness Sebagai Prediktor Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 124–140. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.242
Rahmawati, E. S., & Indriayu, M. (2025). Pengaruh Manajemen Waktu dan Intensitas Penggunaan Tiktok Terhadap Tingkat Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan 6(1). https://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v6i1.16414
Sari, I. N., & Lestari, S. (2023). Perfeksionisme dan Manajemen Waktu Sebagai Prediktor Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Journal Psikogenesis, 11(1), 29–43. https://doi.org/10.24854/jps.v11i2.2975
Sari, L. M., Pratitis, N. T., & Haryanti, A. (2022). Internal locus of control dan kemampuan manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa skripsi. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 1(2), 21–30. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2022.v1i2.21-30
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia. www.penerbitbukumurah.com
Sektiadi, Sallsabilla, G., & Nurwahyuni, N. (2024). Hubungan Antara Time Management dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Mengikuti Organisasi di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(18), 912–923. https://doi.org/10.5281/zenodo.13987101
Sera, L. (2020). Hubungan Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Kuliah Sambil Bekerja di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Sofiyanti, C., Rakhmawati, D., & Ismah. (2023). Hubungan Antara Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X SMA Teuku Umar Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 70–82. https://jurnal.umbarru.ac.id/index.php/jubikops/article/view/219
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA, CV.
Suhadianto, S., & Pratitis, N. (2020). Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak dan Strategi Untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 204. https://doi.org/10.24036/rapun.v10i2.106672
Suwardi. (2023). Manajemen Waktu. Yayasan Prima Agus Teknik.
Syelviani, M. (2020). Pentingnya Manajemen Waktu dalam Mencapai Efektivitas Bagi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Unisi). Jurnal Analisis Manajemen, 6(1), 66–75. https://doi.org/10.32520/jam.v6i1.1028
Tannia, L. N., & Monika, M. (2022). Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Saat sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5203–5212. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3135
Tuckman, B. W. (2002). Academic Procrastinators: Their Rationalizations and Web-Course Performance.
Usop, D. S., & Astuti, A. D. (2022). Pengaruh Self-regulated Learning, Intensitas Penggunaan Media Sosial, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1782–1790. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.839
Veronica, A., Abas, M., Hidayah, N., Sabtohadi, D., Marlina, H., & Mulyani, W. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. PT. Global Eksekutif Teknologi. www.globaleksekutifteknologi.co.id
Wahyuni, N. T., & Machali, I. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu dan Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Penyusunan Skripsi Mahasiswa Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 139–149. https://doi.org/10.14421/hjie.12-02
Yudha, A. W., Yulianti, & Nelyahardi, G. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA 10 Kota Jambi. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 6(2), 68–80. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i2.14877
Zatrahadi, M. F., & Salsabila, F. (2024). Pengaruh Kecanduan Reels Instagram Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(3), 221–233. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.4674
Zimmerman, B. J. (2000). Attaining self regulation. In: P.R Pintrich & M. Zaidner (Ed.). Handbook of self regulation. San Diego: Academic Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anfiyah Zahrotul Wahidah, Riza Noviana Khoirunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Abstract views: 1
,
PDF Downloads: 0