HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIK DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA BARU YANG AKAN MELAKSANAKAN PERKULIAHAN TATAP MUKA

  • Azzahras Shandy Universitas Negeri Surabaya
  • Riza Noviana Khoirunnisa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan akademik dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru yang akan melaksanakan perkuliahan tatap muka. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional yaitu untuk mengetahui sejauh mana variabel bebas berhubungan dengan variabel terikat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan subjek yakni sejumlah 197 mahasiswa jurusan psikologi yang sesuai dengan kriteria subjek penelitian dengan 37 mahasiswa digunakan untuk tryout dan 160 mahasiswa digunakan untuk pengambilan data. Penelitian ini dilakukan menggunakan skala kecemasan akademik dan skala penyesuaian diri yang akan dianalisis dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 25.0 for windows. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pearson Product Moment Correlations dengan hasil signifikansi 0,003 (p<0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar -0,74 sehingga menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecemasan akademik dengan penyesuaian diri. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kecemasan akademik yang tinggi mengakibatkan mahasiswa kurang dapat melakukan penyesuaian dengan lingkungan barunya, sebaliknya mahasiswa yang memiliki kecemasan akademik yang rendah maka mahasiswa tersebut dapat melakukan penyesuaian dengan lingkungan barunya.

Kata Kunci: mahasiswa, kecemasan akademik, penyesuaian diri.

Abstract

This study aims to determine the relationship between academic anxiety and adjustment in new students who will carry out face-to-face lectures. The method used is a quantitative research method with correlational techniques, namely to determine the extent to which the independent variable is related to the dependent variable. The sampling technique in this study was a saturated sample, that is, all of the population was used as a subject, namely 197 students majoring in psychology according to the criteria of the research subject with 37 students used for the tryout and 160 students used for data collection. This research was conducted using an academic anxiety scale and a self-adjustment scale which will be analyzed with the help of the IBM SPSS 25.0 for windows application. Analysis of the data used in this study is Pearson Product Moment Correlations with a significance result of 0.003 (p <0.05) and a correlation coefficient of -0.74, indicating that there is a significant negative relationship between academic anxiety and self-adjustment. These results indicate that high academic anxiety causes students to be less able to make adjustments to their new environment, on the contrary, students who have low academic anxiety can make adjustments to their new environment.

Keywords: students, academic anxiety, self adjustment.

 

Published
2022-02-18
How to Cite
Shandy, A., & Khoirunnisa, R. (2022). HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIK DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA BARU YANG AKAN MELAKSANAKAN PERKULIAHAN TATAP MUKA. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(2), 264-271. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/46148
Abstract Views: 222
PDF Downloads: 1327