HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI HARGA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE DI DAERAH SURABAYA

  • Tarisna Aditya Wijaya Universitas Negeri Surabaya
  • Meita Santi Budiani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuanndalam penelitiannini ialah mengetahui hubungan kedua variable yakni persepsi harga dengan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan sampel penelitian terdiri dari 110 pengguna e-commerce Shopee yang dilakukan pada masyarakat Surabaya. Pengambilan data subjek dilakukan dengan menggunakan skala likert mengenai variabel X yakni Persepsi Harga (Kotler, & keller., 2012) dan Variabel Y berupa Keputusan pembelian (Kotler, P., & Amstrong, 2010). Selanjutnya analisis data penelitian menggunakan rumus Product Moment Correlation dengan hasil uji korelasi menggunakan SPSS 26.0nfor windowsnyangndiperolehnhasil taraf sig.>0.05 dengan perolehan korelasi r=0.879 yang dapat diartikan bahwa adanya hubungan positif yang sangat kuat antara Persepsi Harga dengan Keputusan Pembelian, serta dapat juga ditafsirkan bahwa semakin tinggi Persepsi harga pada konsumen mengenai e-commerce Shopee semakinntinggi pula Keputusannpembeliannyang dilakukan oleh konsumen.

Kata Kunci: Psikologi Konsumen , PersepsinHarga, KeputusannPembelian,

 

Abstract


The purpose of this study is to determine the relationship between the two variables, namely price perception and purchasing decisions. This study uses descriptive quantitative research with a sample consisting of 110 Shopee e-commerce users conducted in the Surabaya community. Subject data collection was carried out using a Likert scale regarding the X variable, namely Price Perception (Kotler, & Keller., 2012) and Variable Y in the form of Purchase Decision (Kotler, P., & Armstrong, 2010). Furthermore, the analysis of research data using the Product Moment Correlation formula with the results of the correlation test using SPSS 26.0 for windows which obtained the results of sig.> 0.05 level with the acquisition of a correlation r = 0.879 which means that there is a very strong positive relationship between Price Perception and Purchase Decision, and can also be interpreted that the higher the price perception of consumers regarding Shopee's e-commerce, the higher the purchasing decisions made by consumers.

Keywords: Price perception, Purchasendecision, ConsumernPsychology

 

 

Published
2022-06-26
How to Cite
Wijaya, T., & Budiani, M. (2022). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI HARGA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE DI DAERAH SURABAYA. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5), 79-88. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/47350
Abstract Views: 204
PDF Downloads: 851