PERBEDAAN QUALITY OF FRIENDSHIP DITINJAU DARI ATTACHMENT STYLE PADA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

  • Ira Pratamasari Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Satiningsih Satiningsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Berubahnya sistem pembelajaran dari yang dilakukan secara langsung menjadi pembelajaran daring yang memberikan dampak positif maupun negatif terhadap berbagai pihak, salah satunya mahasiswa. Selain terkait dengan pembelajaran, dampak negatif dari pembelajaran jarak jauh juga berdampak pada kehidupan mahasiswa baru, dimana seharusnya mahasiswa baru bertemu dengan lingkungan baru, teman baru menjadi terhambat. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat perbedaan quality of friendship ditinjau dari attachment style pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh. Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Angkatan 2020 sejumlah 163 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur yang disusun berdasarkan aspek quality of friendship oleh Parker dan Asher, untuk alat ukur attachment style disusun berdasarkan dimensi menurut Collins dkk, kemudian kuesioner disebar melalui google form yang kemudian dianalisis menggunakan uji Kruskal-Wallis dikarenakan sebaran data yang diujikan tidak berdistribusi normal. Hasil uji Kruskal-Wallis, menunjukkan nilai Asymp. Sig > 0.05 (0.193 > 0.05), sehingga data tersebut menunjukkan bahwa pada penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan quality of friendship ditinjau dari attachment style pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh.

Kata Kunci: Kualitas Persahabatan, Gaya Kelekatan, Remaja Akhir, Mahasiswa

 

Abstract

The change in the learning system from direct learning to online has both positive and negative impacts on various parties, including college students. In addition to being related to learning, the negative impact of distance learning also has an impact on the lives of new college students, where new college students should meet a new environment, new friends become hampered. This study was conducted to see whether there are differences in the quality of friendship in terms of attachment style to college students during distance learning. The subjects in this study were college students of the Class of 2020 with a total of 163 students. The data collection method used a measuring instrument that was compiled based on the quality of friendship by Parker and Asher, for the attachment style was compiled based on dimensions according to Collins et al, then the questionnaire was distributed through google form which was then analyzed using Kruskal-Wallis test because the distribution of the data tested was not normally distributed. The results of Kruskal-Wallis test show the Asymp value. Sig > 0.05 (0.193 > 0.05), so these data indicate that in this study there is no difference in the quality of friendship in terms of attachment style to college students during distance learning.

Keywords: Quality of friendship, Attachment Style, Late Adolescent, College Student

Published
2022-06-11
How to Cite
Pratiwi, I., & Satiningsih, S. (2022). PERBEDAAN QUALITY OF FRIENDSHIP DITINJAU DARI ATTACHMENT STYLE PADA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5), 164-173. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/47735
Abstract Views: 228
PDF Downloads: 382