Hubungan antara Persepsi Dukungan Organisasi dengan Keterikatan Kerja pada Guru
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i03.54071Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis adanya hubungan antara persepsi dukungan organisasi dengan keterikatan kerja pada guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah guru berjumlah 45 orang. Penelitian ini dilakukan pada salah satu institusi pendidikan yaitu yayasan X. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala ukur psikologis variabel persepsi dukungan organisasi dan variabel keterikatan kerja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pearson product moment dan penghitungan dilakukan menggunakan bantuan program aplikasi SPSS versi 25.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dukungan organisasi dengan keterikatan kerja. Nilai koefisien korelasi yang didapatkan yaitu sebesar 0,576 (r=0,576) sehingga dapat diartikan bahwa terdapat hubungan positif atau searah. Semakin tinggi nilai persepsi dukungan organisasi, maka semakin tinggi pula keterikatan kerja pada guru. Sebaliknya, semakin rendah nilai persepsi dukungan organisasi, maka semakin rendah pula keterikatan kerja pada guru.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.