POLA REGULASI DIRI MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN JURUSAN PSIKOLOGI JALUR PRESTASI KEAGAMAAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Ubaidillah Faqih Universitas Negeri Surabaya
  • satiningsih satiningsih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang pola pengaturan dan perencanaan diri yang dipraktikkan oleh mahasiswa penghafal Al-Quran Universitas Negeri Surabaya dengan jurusan psikologi dalam perjalanan menuju pencapaian keagamaan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif. Pengumpulan data untuk wawancara ini sebagian disusun untuk subjek yang merupakan mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Surabaya dan penghafal Al-Qur'an. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisis Miles dan Huberman untuk analisis data, proses yang dilakukan adalah perolehan data, reduksi data, penyajian data, dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah tiga subjek menggunakan regulasi diri sesuai dengan aspek yang dikemukakan oleh Zimmerman, yaitu metakognitif, motivasional dan perilaku. Dalam hal perencanaan, setiap mata pelajaran memiliki strateginya masing-masing, baik dalam perencanaan saat menghafal Al-Qur’an maupun dalam perencanaan akademik.

Published
2023-07-30
How to Cite
Faqih, U., & satiningsih, satiningsih. (2023). POLA REGULASI DIRI MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN JURUSAN PSIKOLOGI JALUR PRESTASI KEAGAMAAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(1), 897-908. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/55467
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 50