Pengasuhan Orang Tua Bekerja dalam Mengembangkan Literasi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v11i1.61036Keywords:
Anak usia dini, literasi baca tulis, pengasuhan orang tuaAbstract
Adanya perubahan dinamika keluarga berupa kedua orang tua yang bekerja dalam memenuhi kebutuhan keluarga memiliki pengaruh pada peran yang diberikan orang tua pada anak, khususnya anak usia dini yang membutuhkan orang dewasa dalam proses perkembangannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk pengasuhan yang diterapkan orang tua bekerja dalam mengembangkan literasi anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus, melalui teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan arsip dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah dua pasangan orang tua yang bekerja. Diperoleh hasil penelitian yakni bentuk pengasuhan yang membantu meningkatkan keterampilan literasi anak usia dini yakni melalui responsivitas orang tua dalam pembelajaran seperti pemenuhan kebutuhan belajar, pemahaman akan karakteristik dan tantangan yang dihadapi anak selama proses belajar, serta pemberian penghargaan atas capaian dan usaha belajar anak. Serta pengasuhan berupa kontrol positif dengan menerapkan jadwal pembelajaran dan pembiasaan sehingga tercipta disiplin diri pada proses belajar anak.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

