FEAR OF FAILURE PADA SISWA SMA MENJELANG UJIAN TULIS BERBASIS KOMPUTER (UTBK) TAHUN 2025
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n02.p730-749Keywords:
Siswa, takut akan kegagalan, ujian tulis berbasis komputer, UTBKAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran siswa yang mengalami perasaan Fear of Failure menjelang UTBK 2025. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologis dengan teknik analisis data Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Pemilihan metode ini didasarkan pada relevansinya dengan tujuan penelitian, yaitu memahami pengalaman subjektif partisipan secara mendalam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam semi-terstruktur yang melibatkan empat siswa sebagai partisipan utama. Pada penelitian ini enam tema utama berhasil diidentifikasi, yaitu: (1) luka psikologis dan validasi diri sebagai sumber daya motivasi, (2) ketegangan antara aspirasi pribadi dan harapan eksternal, (3) strategi regulasi emosi: antara afirmasi, menarik diri, dan spiritualitas, (4) Fear of Failure dan strategi ketahanan mental, (5) kritik, validasi sosial, dan ambivalensi ekspresi diri, serta (6) rasionalisasi dan adaptasi sebagai bentuk ketangguhan. Selain itu, ditemukan pula tema khas (idiosinkratik) yang hanya muncul pada partisipan tertentu, seperti keterbukaan terhadap kegagalan tanpa pencitraan (R3), menyembunyikan nilai demi menjaga ekspektasi orang tua (R4), dan transformasi kritik menjadi semangat pengembangan diri (R4). Temuan dalam penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khazanah keilmuan di bidang psikologi pendidikan dan psikologi perkembangan, terutama dalam menjelaskan bagaimana siswa SMA memaknai Fear of Failure dalam situasi tekanan akademik menjelang UTBK. Pendekatan fenomenologis yang digunakan memungkinkan eksplorasi mendalam terhadap pengalaman personal siswa, sehingga dapat menjadi dasar penguatan teori maupun praktik pendampingan psikologis pada masa transisi pendidikan yang penuh tantangan.
Abstract
The aim of this study is to explore how students define and experience Fear of Failure in the context of the Computer-Based Written Exam (UTBK), identify the factors associated with this fear, examine its impact on exam preparation, assess the role of social support, and analyzed how students cope with the Fear of Failure in anticipation of the 2025 UTBK. This research employs a qualitative phenomenological approach with data analyzed using Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). The selection of this methodology is based on its alignment with the research objective, which is to gain an in-depth understanding of participants' subjective experiences. Data collection was conducted through semi-structured in-depth interviews, involving four high school students as primary participants. In this study, six main themes were successfully identified: (1) psychological wounds and self-validation as motivational resources, (2) the tension between personal aspirations and external expectations, (3) emotion regulation strategies: between affirmation, withdrawal, and spirituality, (4) Fear of Failure and mental resilience strategies, (5) criticism, social validation, and ambivalence of self-expression, and (6) rationalization and adaptation as forms of resilience. Additionally, idiosyncratic themes emerged in specific participants, such as openness to failure without pretense (R3), concealing values to manage parental expectations (R4), and transforming criticism into self-development motivation (R4). The findings of this study are expected to enrich the body of knowledge in educational psychology and developmental psychology, particularly in explaining how high school students interpret the Fear of Failure in situations of academic pressure leading up to the UTBK (University Entrance Exam). The phenomenological approach employed allowed for an in-depth exploration of students' personal experiences, which can serve as a basis for strengthening theories and psychological counseling practices during this challenging educational transition period.
Downloads
References
Ahiruddin, & Suharyati, H. (2023). Analisis rendahnya motivasi belajar mahasiswa dengan teknik pemecahan masalah kreatif. ILMA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keagamaan, 2(1), 58–66. https://doi.org/10.58569/ilma.v2i1.610
Aliyah, N. A., & Darmawanti, I. (2022). Gambaran strategi coping pada perempuan yang kehilangan orang tua di masa pandemi COVID-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 85–99. https://doi.org/10.26740/cjpp.v9i1.44823
Anggara, O. F. (2018). Resiliensi anak jalanan terhadap penggunaan narkoba. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 9(1), 50–56. https://doi.org/10.21107/personifikasi.v9i1.6760
Anggara, O. F., & Beny, A. O. N. (2023). Pengaruh expressive arts therapy terhadap self-acceptance narapidana kasus narkoba. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 14(1), 17–31. https://doi.org/10.21107/personifikasi.v14i1.19267
Ardine, K. R., & Rahmasari, D. (2024). Insecure akademik pada mahasiswa gap year. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 11(02), 1295–1312. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/62507
Arroisi, J., & Badi’, S. (2022). Konsep harga diri: Studi komparasi perspektif psikologi modern dan Islam. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 24(2), 89–106. https://doi.org/10.20885/10.20885/psikologika.vol27.iss1.art7
Azizah, J. N., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi selama pandemi COVID-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(1), 212–223. https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i1.39116
Bauzir, N. H., & Zulfiana, U. (2021). Fear of failure dengan ketidakjujuran akademik pada siswa SMA yang menjalankan sistem kredit semester. Cognicia, 9(2), 85–98. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i2.15743
Bedewy, D., & Gabriel, A. (2015). Examining perceptions of academic stress and its sources among university students: The Perception of Academic Stress Scale. Health Psychology Open, 2(1). https://doi.org/10.1177/2055102915596714
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). SAGE Publication.
Dianningrum, S. W., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan antara citra tubuh dan kepercayaan diri pada remaja perempuan. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 194–203. https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i7.42611
Emelia, S. R., Karmiyati, D., & Suryaningrum, C. (2022). Harga diri sebagai mediator pengaruh polaasuh otoritatif terhadap resiliensi remaja. Psychological Journal: Science and Practice, 1(2), 43–49. https://doi.org/10.22219/pjsp.v1i2.18464
Endah, A. N., Lubis, F. Y., & Yudiana, W. (2021). Academic help seeking terhadap dosen pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran: Peran fear of failure. Journal of Psychological Science and Profession, 5(2), 106–114. https://doi.org/10.24198/jpsp.v5i2.31537
Erfelina, A., & Ediati, A. (2017). Hubungan antara kesiapan kerja dengan ketakutan menghadapi kegagalan pada siswa SMK Negeri 1 Blora. Jurnal Empati, 6(2), 17–20. https://doi.org/10.14710/empati.2017.15093
Gaol, T. P. L., & Darmawanti, I. (2022). Hubungan antara gratitude dengan subjective well-being pada mahasiswa Psikologi UNESA di masa pandemi COVID-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 180–194. https://doi.org/10.26740/cjpp.v9i1.44998
Hardiansyah, H., Putri, A. P., Wibisono, M. D., Utami, D. S., & Diana, D. (2020). Penyusunan alat ukur resiliensi akademik. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 9(3), 185–194. http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v9i3.3159
Hasbillah, M. S. R., & Rahmasari, D. (2022). Burnout akademik pada mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(6), 122–132. https://doi.org/10.26740/cjpp.v9i6.47320
Hidayat, E., & Darmawanti, I. (2022). Hubungan antara dukungan sosial dengan stres akademik pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 166–178. https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i9.48038
Hidayati, S. R. N., & Savira, S. I. (2021). Hubungan antara konsep diri dan kepercayaan diri dengan intensitas penggunaan media sosial sebagai moderator pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3), 1–11. https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i3.41122
Jannah, M., & Satwika, Y. W. (2021). Pengalaman krisis identitas pada remaja yang mendapatkan kekerasan dari orang tuanya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 51–59. https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i2.40842
Kamilah, A. N., & Rahmasari, D. (2023). Hubungan antara regulasi emosi dengan kebahagiaan pada remaja madya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 10(2), 640–656. https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i2.53973
Khoirunnisa, R. N., Jannah, M., Dewi, D. K., & Satiningsih. (2021). Prokrastinasi akademik mahasiswa tingkat akhir pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 11(3), 278–292. https://doi.org/10.26740/jptt.v11n3.p278-292
Krismonika, D. W., & Satwika, Y. W. (2024). Profil efikasi diri pada mahasiswa tingkat akhir. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 11(3), 1411–1419. https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n3.p1411-1419
Kumala, K. H., & Darmawanti, I. (2022). Strategi regulasi emosi pada mahasiswa dengan banyak peran. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 19–29. https://doi.org/10.26740/cjpp.v9i3.46151
Kumalasari, D., Luthfiyanni, N. A., & Grasiaswaty, N. (2020). Analisis faktor adaptasi instrumen resiliensi akademik versi Indonesia: Pendekatan eksploratori dan konfirmatori. JPPP: Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 9(2), 84–95. https://doi.org/10.21009/JPPP.092.06
Kusumaningrum, N. A. D., & Jannah, M. (2023). Representasi quarter life crisis pada dewasa awal ditinjau berdasarkan demografi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 10(2), 18–27. https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i2.53204
Muhid, A., & Mukarromah, A. (2018). Pengaruh harapan orang tua dan self-efficacy akademik terhadap kecenderungan fear of failure pada siswa: Analisis perbandingan antara siswa kelas unggulan dan siswa kelas reguler. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 10(1), 31–48. https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i1.266
Mukminina, M., & Abidin, Z. (2020). Coping kecemasan siswa SMA dalam menghadapi ujian tulis berbasis komputer (UTBK) tahun 2019. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(3), 110–116. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v5i3.384
Nashukah, F., & Darmawanti, I. (2013). Perbedaan kematangan emosi remaja ditinjau dari struktur keluarga. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 3(2), 93–102. https://doi.org/10.26740/jptt.v3n2.p93-102
Nurchayati, Syafiq, M., Khoirunnisa, R. N., & Darmawanti, I. (2021). Strategi coping mahasiswa dalam menghadapi perubahan sistem perkuliahan di masa pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 11(3), 247–266. https://doi.org/10.26740/jptt.v11n3.p247-266
Pamungkas, A. F. A., & Muhid, A. (2020). Perfectionism, shame, social support and fear of failure in high school students. Edutec: Journal Of Education And Technology, 4(2), 276–288. https://ejournal.ijshs.org/index.php/edu/article/view/144
Pangaribuan, R. N. P., Priyaningtyas, S. H., Azzahra, S. S., & Saniatuzzulfa, R. (2024). Pelatihan terapi realitas untuk menurunkan fear of failure serta meningkatkan self-compassion dan student engagement pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Semar: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi Dan Seni Bagi Masyarakat, 13(1), 120–132. https://doi.org/10.20961/semar.v13i1.81328
Paramitha, A. S., Minarni, M., & Aditya, A. M. (2023). Pengaruh coping stres terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh (daring) di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 3(2), 469–476. https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.2101
Parastiara, A. R., & Yoenanto, N. H. (2020). Pengaruh fear of failure dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 2(1), 415–425. https://doi.org/10.20473/brpkm.v2i1.34637
Paulus, D., & Septiana, E. (2021). Academic self-efficacy dan takut gagal: Mana yang lebih berpengaruh terhadap kecurangan akademik? Journal of Psychological Science and Profession, 5(3), 248--257. https://doi.org/10.24198/jpsp.v5i3.31926
Perwitasari, N. M., & Dewi, D. K. (2013). Hubungan antara harga diri dan kebutuhan afiliasi dengan perilaku konsumtif pada remaja. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/cjpp.v2i1.4579
Purnamasari, A. P., & Kahija, Y. F. La. (2018). Mengajar sembari belajar: Sebuah interpretative phenomenological analysis tentang pengalaman pengajar muda Gerakan Indonesia Mengajar. Jurnal Empati, 7(3), 186–198. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21849
Putri, S. A. R. R., & Laksmiwati, H. (2022). Resiliensi akademik mahasiswa jurusan Psikologi UNESA saat perkuliahan daring pada masa pandemi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(7), 27–35. https://doi.org/10.26740/cjpp.v9i7.47825
Rahmaningtyas, W., Widhiastuti, R., Farliana, N., & Widiyastuti, M. (2022). Effect of failure fear and achievement motivation on academic procrastination through self-control. Dinamika Pendidikan, 17(1), 72–85. https://doi.org/10.15294/dp.v17i1.36325
Rohmah, N. R., & Mahrus, M. (2024). Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab stres akademik pada mahasiswa dan strategi pengelolaannya. JIEM: Journal Of Islamic Education and Management, 5(2), 36–43. https://ejournal.staidapondokkrempyang.ac.id/index.php/jiem/article/view/638
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68–78. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.68
Sameshima, H., Shimura, A., Ono, K., Masuya, J., Ichiki, M., Nakajima, S., Odagiri, Y., Inoue, S., & Inoue, T. (2020). Combined effects of parenting in childhood and resilience on work stress in nonclinical adult workers from the community. Front. Psychiatry, 11(776), 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2020.00776
Sari, M. Y., & Rahmasari, D. (2022). Dukungan sosial pada mahasiswi dengan perilaku menyakiti diri. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(8), 87–98. https://doi.org/10.26740/cjpp.v9i8.50713
Silmaufar, M. A. W., & Jannah, M. (2023). Hubungan antara regulasi emosi dengan mental toughness pada atlet remaja. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 10(3), 471–480. https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i03.54447
Smith, J. A., & Osborn, M. (2004). Interpretative phenomenological analysis. In G. M. Breakwell (Ed.), Doing Social Psychology Research (pp. 229–254). The British Psychological Society and Blackwell Publishing.
SNPMB ID. (2024). Statistik nilai peserta UTBK 2024. Kemdikbud. https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/blog/statistik-nilai-peserta-utbk-2024#:~:text=Hasil kelulusan seleksi jalur SNBT,hasil dari tes UTBK 2024.
SNPMB ID. (2024). Konferensi pers peluncuran Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru SNPMB PTN tahun 2025. www.youtube.com. https://www.youtube.com/watch?v=KCw_66Qrc-M
Srisayekti, W., & Setiady, D. A. (2015). Harga diri (self-esteem) terancam dan perilaku menghindar. Jurnal Psikologi, 42(2), 141–156. https://doi.org/10.22146/jpsi.7169
Sulistyawati. (2023). Buku ajar metode penelitian kualitatif. K-Media. https://eprints.uad.ac.id/44642/1/V2-Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif_Sulistyawati_compressed.pdf
Suri, P. B., Yulistini, Anggreiny, N., Afriyeni, N., & Pratama, W. (2024). Hubungan hardiness dengan coping strategies pada siswa SMAN 8 Pekanbaru dalam menghadapi ujian tulis berbasis komputer. Jurnal Psibernetika, 17(2), 80–86. https://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v17i2.4542
Suroiyya, F. O., & Habsy, B. A. (2024). Tinjauan overthinking dan berbagai intervensi konseling untuk mengatasinya. Jurnal BK UNESA, 14(2), 128–139. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/61834
Suwena, K. R. (2017). Jalur penerimaan mahasiswa baru bukan penentu prestasi belajar mahasiswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v5i2.12749
Syalsabella, A. P., & Prapanca, A. (2024). Perancangan website online course (KitaPTN) untuk persiapan UTBK menggunakan algoritma Fisher-Yates shuffle. JINACS: Journal of Informatics and Computer Science, 6(2), 581–588. https://doi.org/10.26740/jinacs.v6n02.p581-588
Utomo, A. A., & Rahmasari, D. (2024). Gambaran hopelessness pada mahasiswa yang memiliki ide bunuh diri. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 11(2), 865–879. https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n2.p865-879
Wekke, I. S. (2019). Metode penelitian sosial. Gawe Buku.
Yosephin, M., & Suci, E. S. T. (2022). Proses penerimaan diri pada individu yang mengalami survivor’s guilt akibat pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA, 11(2), 38–50. https://doi.org/10.25170/manasa.v11i2.3757
Yulianti, A., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2021). Implementasi psikologi pendidikan menuju resiliensi akademik pada mahasiswa. Psyche: Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, 3(1), 75–82. https://doi.org/10.36269/psyche.v3i1.323
Yusdiana. (2023). Fear of failure: Pada anak berbakat akademik (M. S. Dr. H. Hariansyah (ed.)). IAIN Pontianak Press. https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/2856/Buku Fear of Failure --- Uk. 15%2C5 x 23%2C5 cm.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Zarrin, S. A., Gracia, E., & Paixão, M. P. (2020). Prediction of academic procrastination by fear of failure and self-regulation. Educational Sciences: Theory and Practice, 20(3), 34–43. https://jestp.com/menuscript/index.php/estp/article/view/876
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Panji Nur Syahid, Ira Darmawanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Abstract views: 1
,
PDF Downloads: 0