HUBUNGAN ANTARA DINING EXPERIENCE DENGAN KEPUASAN KONSUMEN KAFE TERASOMAH

  • Nalendra Agung Binathara Universitas Negeri Surabaya
  • Meita Santi Budiani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pada saat ini konsumen semakin cerdas untuk menentukan kualitas produk dan kualitas layanan dari sebuah kafe dengan lingkungan fisik yang bagus untuk terciptanya kepuasan. Bergesernya perilaku konsumen yang awalnya hanya konsumsi produk, sekarang mulai berubah mencari pengalaman yang menyenangkan yaitu didapat dari dining experience. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaiatan antara dining experience dan kepuasan konsumen Kafe Terasomah. Kualitas makanan, kualitas pelayanan dan lingkungan fisik dari kafe merupakan aspek-aspek dari dining experience. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Responden yang didapat sebanyak 75 orang, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Karakteristik pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Probolinggo, wanita atau pria dengan umur 18-26 tahun dan  pelanggan yang sudah mengunjungi Kafe Terasomah sebanyak 2 kali.  Instrumen pada skala kepuasan konsumen disusun berdasarkan aspek dari Kotler & Keller (2016)., berjumlah 23 aitem. Sedangkan pada skala dining experience disusun berdasarkan aspek dari Canny (2014)., berjumlah 48 aitem. Teknik analisis product moment digunakan untuk mengukur korelasi kedua variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat keterkaitan antara dining experience dan kepuasan konsumen pada konsumen Kafe Terasomah.

Kata Kunci: dining experience, kepuasan pelanggan, kafe

                                                                                                                    

Abstract

Consumer nowadyas are getting smarter to determine product quality and service quality from a cafe with a good physical environment to create satisfaction. The shift in consumer behavior that initially only consumed products, is now starting to change to looking for a pleasant experience that is obtained from the dining experience. The purpose of this study was to determine the relationship between dining experience and consumer satisfaction at Terasomah Cafe. Food quality, service quality and the physical environment of the cafe are aspects of the dining experience. The method used in this research is quantitative. Research subject obtained as many as 75 respondents, using purposive sampling technique. The characteristics of this study are the people of Probolinggo City, women or men aged 18-26 years and customers who have visited the Terasomah Cafe 2 times. Instruments on the consumer satisfaction scale are arranged based on aspects of Kotler & Keller (2016), totaling 23 items. Meanwhile, the dining experience is based on aspects from Canny (2014), totaling 48 items. Product moment analysis technique is used to measure the correlation of the two variables. The results of this study indicate a significant correlation of 0.000 (<0.05). It means that it can be concluded that there is a relationship between dining experience and consumer satisfaction at the Terasomah Cafe consumers.

Keywords:  dining experience, costumer satisfaction, cafe

 

Published
2022-07-15
Abstract Views: 208
PDF Downloads: 335