Strategi Pengelolaan Diri Mahasiswa Rantau Dari Keluarga Broken Home: Studi Fenomenologi
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p113-122Keywords:
Pengelolaan Diri, Mahasiswa, Rantau, Broken HomeAbstract
Keluarga adalah lingkungan pertama yang sangat penting bagi perkembangan anak. Namun, saat ini banyak mahasiswa yang berasal dari keluarga broken home. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengelolaan diri mahasiswa dari keluarga broken home dalam menghadapi tekanan emosional dan akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif ,dengan pendekatan fenomenologi, data dikumpulkan dengan wawancara semi-terstruktur yang dilakukan pada tiga mahasiswa dari keluarga broken home, kemudian data dianalisis menggunakan teknik tematik, meliputi pengelompokan tema, dan interpretasi mendalam, lalu validasi dilakukan dengan triangulasi data dan member checking untuk memastikan akurasi interpretasi. Hasil menunjukkan bahwa dukungan sosial, motivasi untuk meningkatkan kualitas hidup, serta strategi coping seperti pengalihan perhatian dan pengelolaan emosi adalah faktor utama dalam pengelolaan diri. Penelitian ini menyoroti pentingnya manajemen diri dan dukungan sosial bagi mahasiswa dari keluarga broken home untuk mengatasi tantangan kehidupan akademik dan sosial.
Abstract
Family is the first environment that is very important for a child's development. However, currently many students come from broken homes. This research aims to explore the self-management strategies of students from broken homes in dealing with emotional and academic pressure. The method used in this research is a qualitative approach. phenomenological, semi-structured interviews were conducted on three students from the family. broken home. The results show that social support, motivation to improve the quality of life, as well as coping strategies such as distraction and emotional management are the main factors in self-management. This research highlights its importance. self-management and social support for students from broken homes to overcome the challenges of academic and social life.
Downloads
References
A'yun, Q. (2021). Dampak Psikologis Broken home Orang Tua pada Anak: Sebuah Kajian. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 10(2), 145-157.
Alijoyo, A., Wijaya, B., & Jacob, I. (n.d.). Structured or semi-structured interviews: Wawancara terstruktur atau semi-terstruktur. CRMS Indonesia.
Ardilla, A., & Cholid, N. (2021). Pengaruh Broken home Terhadap Anak. Studia: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa, 6(1), 1-14.
Asrori, M., & Tjalla, A. (2018). The effectiveness of self-management strategy of Cormier & Cormier model to Increase academic self-efficacy of High School students. American Journal of Educational Research, 6(6), 816-821.
Cholifah, R. N., Nurhayati, S., & Fitriana, W. (2023). Pendampingan Mental Berbasis Pendekatan Spiritual Bagi Anak Dan Remaja Keluarga Broken home. Comm-Edu (Community Education Journal), 6(1), 52-62.
Desfita, F., Jeanny, & Farid. (2024). Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Broken home dalam Menjalani Perkuliahan di Universitas Hasanuddin. Indonesia Berdaya, 5(3), 1013-1018.
Detta, B., & Abdullah, S. M. (2017). Dinamika resiliensi remaja dengan keluarga broken home. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 19(2), 71-86.
Ermayani, N., Nurhasela, N., & Marleni, L. (2021). Analisis Perbedaan Belajar Terhadap Siswa yang Berasal Dari Keluarga Broken home. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 110-116.
Fauzy, A. (2019). Metode Sampling (Edisi ke-2, Cetakan pertama). Universitas Terbuka.
Fitriya, F., & Lukmawati, L. (2016). Hubungan antara regulasi diri dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKES) mitra adiguna palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 2(1).
Gintulangi, W., Puluhulawa, J., & Ngiu, Z. (2018). Dampak keluarga broken home pada prestasi belajar PKN siswa di SMA Negeri I Tilamuta Kabupaten Boalemo. Jurnal Pascasarjana, 2(2), 336-341.
Humairah, A. P., & Komalasari, S. (2024). Dampak Depresi Pada Generasi Z Akibat Broken home. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 11(2), 1275-1294.
Kamila, M., Hairina, Y., & Komalasari, S. (2023), Gambaran Manajemen Diri Remaja Dalam Menghafal Al-Qur'an Di Rumah Tahfizh Al-Haramain Banjarmasin. Jurnal Al-Husna, 4(2), 151-163.
Maryam, S. (2017). Strategi coping: Teori dan sumberdayanya. Jumal konseling andi matappa, 1(2), 101-107.
Muthmainnah, S. (2022). Self Management dalam Menghadapi Stres di Masa Pandemi pada Mahasiswa yang Bekerja (Studi Kasus Mahasiswa Semester 7 Jurusan BPI Ponorogo). IAIN Ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Muttaqin, I., & Sulistyo, B. (2019). Analisis faktor penyebab dan dampak keluarga broken. home. Raheema: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 6(2), 245-256.
Nasution, S. (2019). Pendidikan Lingkungan Keluarga. Tazkiya, 8(1), 115-124.
Nasution, S. (2019). Pendidikan Lingkungan Ndrayana, R. (2018). Penerapan Strategi Self-Management untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri di Sekolah Pada Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Ngadirojo Kabupaten Pacitan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Novita, S. (2020). Hubungan Keluarga Broken home dengan Kesejahteraan Psikologis Remaja. Jurnal Ilmu Psikologi Terapan, 8(1), 32-45.
Nurdewi. (2022). Implementasi personal branding smart ASN perwujudan Bangga Melayani di Provinsi Maluku Utara. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 297-308.
Prijosaksono, A., & Sembel, R. (2002). Self Management Series: Control Your Life. Elex Media Komputindo.
Wahid, A., & Halilurrahman, M. (2019). Keluarga institusi awal dalam membentuk masyarakat berperadaban. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), hal 104-118 Wardani, F. (2022). Dukungan Sosial dan Resiliensi pada Mahasiswa dari Keluarga Broken home. Jurnal Psikologi Sosial, 11(3), 78-90.
Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198-211.
Yerico, Y. & Harsoyo, Y. (2023). Pengaruh Citra Tubuh dan Pengelolaan Diri terhadap Kemampuan Bekerjasama dalam Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, 16(2), 23-29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Rahmah, Silva Yumi Fredita, Muhammad Nurdin, Shanty Komalasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Abstract views: 275
,
PDF Downloads: 128