Makna Resiliensi Remaja Akhir yang Dibesarkan oleh Single Mother

Authors

  • Lisa Artika Hapsari Universitas Negeri Surabaya
  • Onny Fransinata Anggara Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n02.p774-783

Keywords:

Resiliensi Diri, remaja akhir, single mother, keluarga tidak utuh

Abstract

Fenomena meningkatnya jumlah keluarga dengan orang tua tunggal akibat perceraian menimbulkan berbagai tantangan psikososial, terutama bagi remaja akhir yang sedang berada dalam masa pembentukan identitas diri. Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna resiliensi pada remaja akhir yang dibesarkan oleh single mother. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fenomenologi interpretatif (Interpretative Phenomenological Analysis/IPA). Lima partisipan berusia 18–22 tahun dipilih secara purposive, dengan kriteria telah diasuh oleh ibu tunggal selama lebih dari lima tahun akibat perceraian. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna resiliensi dipengaruhi oleh kualitas hubungan dengan ibu, kemampuan refleksi diri, dan dukungan sosial. Ketujuh aspek resiliensi muncul dengan cara yang berbeda-beda sesuai konteks pengalaman masing-masing partisipan. Penelitian ini menyoroti bahwa resiliensi bukanlah sesuatu yang muncul secara instan, tetapi terbentuk melalui proses pemaknaan atas pengalaman hidup yang kompleks.

Abstract

The phenomenon of the increasing number of single-parent families due to divorce poses various psychosocial challenges, especially for late adolescents who are in the period of self-identity formation. This study aims to understand the meaning of resilience in late adolescents raised by single mothers. The approach used was qualitative with the interpretative phenomenological analysis (IPA) method. Five participants aged 18-22 years were purposively selected, with the criteria of having been raised by a single mother for more than five years due to divorce. Data were collected through in-depth interviews and analyzed thematically. The results showed that the meaning of resilience was influenced by the quality of the relationship with the mother, the ability of self-reflection, and social support. The seven aspects of resilience emerged in different ways according to the context of each participant's experience.This study highlights that resilience is not something that appears instantly, but is formed through a process of making meaning of complex life experiences.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiffatunnisa, N., & Sundari, R. (2021). The Relationship of Mindfulness Traits and Resilience with Psychological Well-Being on Single Mothers in the Save Janda Community. Abstract Book of the National Seminar, April, 52–64.

Arnett, J. J. (2000). Emerging adulthood: A theory of development from the late teens through the twenties. American Psychologist, 55(5), 469–480. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.5.469

Arnett, J. J., & Galambos, N. L. (2003). Culture and conceptions of adulthood. New directions for child and adolescent development, (100), 91–98. https://doi.org/10.1002/cd.77

Blakemore, S. J., & Mills, K. L. (2014). Is adolescence a sensitive period for sociocultural processing?. Annual review of psychology, 65, 187–207. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010213-115202

Baumrind, D. 1991. The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. The Journal of Early Adolescence, 11 (1), 56-95.

Candrawati, D. (2019). Persepsi Terhadap Pola Asuh Demokratis Dan Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 8(2), 99. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v8i2.3048

Chaidirrullah, & Abdullah. (2019). Interpersonal Communication Between Parent Mothers and Teens. Journal of Islamic Communication, 1(2), 94–102.

Connor, K. M, & Davidson J. R. T. (2003). Spirituality, Resilience, and Anger in Survivors of Violent Trauma: A Community Survey. Journal of Traumatic Stress. 16, 487–494.

Côté, J. E. (2006). Emerging Adulthood as an Institutionalized Moratorium: Risks and Benefits to Identity Formation. In J. J. Arnett & J. L. Tanner (Eds.), Emerging adults in America: Coming of age in the 21st century (pp. 85–116). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/11381-004

Erikson, E.H. (1968). Identity: Youth and Crisis. New York: Norton.

Faizah, I., & Zaini, A. A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Tunggal (Single Parent) dalam Membentuk. BUSYRO : Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies, 2(2), 83–91.

Faizah, R. N., Fajrie, N., & Rahayu, R. (2021). Sikap Sopan Santun Anak Dilihat Dari Pola Asuh Orang Tua Tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6062

Filisyamala, J., Hariyono, & Ramli, M. (2016). Bentuk Pola Asuh Demokratis dalam Kedisiplinan Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(04), 668–672. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6213%0Ahttp://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/6213/2648

Fitri, R., & Yarni, L. (2022). Gambaran Kemandirian Remaja dari Keluarga Single Parent (Studi Kasus pada Remaja di RT 008 RW 003 Kelurahan Perawang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 3473–3483.

Grotberg. E. H. (2000). Resilience for today: Gaining strength from adversity. (Rev. Ed). United States of America: Greenwood Publishing Group, Inc.

Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.

Heryanitasari, Athiyyah Syafitri, Sakinah Mardhotillah, Tri Seftian Fajarin, Alfia Putri Yuliani, Puspita Wulandari, Lia Natalia, Naifah Safa Zafira Agung, Andreas Dogeru Prayoga, & Yuniar Hasana. (2023). Pengaruh Pola Asuh Single Mother Terhadap Anak Secara Psikologis Di Era Vuca. Proceeding Conference On Psychology and Behavioral Sciences, 2(1), 207–218. https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.66

Hutasoit, I. T. M. br, & Brahmana, K. M. B. (2021). Single mother role in the family. Education and Social Sciences Review, 2(1), 27. https://doi.org/10.29210/07essr208800

Ilmi, A. F. (2022). Manajemen Resiliensi Remaja Pada Keluarga Single Parent dari Perceraian. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 267–274. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.192

Indriyani, S., Sutja, A., & Wahyuni, H. (2023). Perbedaan kemandirian perilaku pada remaja dilihat dari pola asuh orang tua tunggal di Kecamatan Telanaipura. Journal on Education, 5(4), 13656–13664. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2376%0Ahttps://jonedu.org/index.php/joe/article/download/2376/2002

Irawan, R. (2024). Pola Asuh Orang Tua Single Parents dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Kelurahan Karang Maritim Kecamatan Panjang Bandar Lampung. Jurnal Syntax Admiration, 5(4), 1188–1203. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i4.1098

Khairiyaturrizkyah, & Nuraeni. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Belajar Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Labuhan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kumpfer, L. K. (1999). Factors and processes to resilience: the resilience frame work. New York: Academic/Plenum.

Kurniawati Husada, A. (2013). Hubungan Pola Asuh Demokratis Dan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Prososial Pada Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 266–277. https://doi.org/10.30996/persona.v2i3.160

Lia Aulia Fachrial, & Kinanthi Herdiningtyas. (2023). Pengaruh Self Compassion Terhadap Resiliensi Pada Remaja Yang Memiliki Orang Tua Tunggal. Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran, 2(3), 25–31. https://doi.org/10.56127/jukeke.v2i3.1187

Lerner, R. M., & Steinberg, L. (2009). The scientific study of adolescent development: Historical and contemporary perspectives. In R. M. Lerner & L. Steinberg (Eds.), Handbook of adolescent psychology: Individual bases of adolescent development (3rd ed., pp. 3–14). John Wiley & Sons, Inc.. https://doi.org/10.1002/9780470479193.adlpsy001002

Lexy J. Moleong, (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Arnild Augina Mekarisce. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitiatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat Vol. 12 Edisi 3 https://jikm.upnvj.ac.id/index.php/home/article/download/102/71/

Moffitt, T. E. (1993). Adolescence-limited and life-course-persistent antisocial behavior: A developmental taxonomy. Psychological Review, 100(4), 674–701. https://doi.org/10.1037/0033-295X.100.4.674

Mulyani, Rila Rahma, P. (2020). Gambaran Penyesuaian Diri Remaja yang Diasuh oleh Orangtua Single Mother dan Single Father. Jurnal Counseling Care, 4(1), 1–6. http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/counseling

Nababan, A. (2020). Pola Asuh Demokratis Orangtua Kristen Dalam Pembentukan Karakter Remaja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 6. https://doi.org/10.33541/jdp.v13i2.1584

Oktaviana, M., & Kristinawati, W. (2022). Self Disclosure Dengan Resiliensi Pada Remaja Dengan Orang Tua Tunggal. Jurnal Ilmiah Psyche, 16(2), 83–92. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v16i2.2093

Purwanti, W., & Aulia, L. A.-A. (2017). Perbedaan Resiliensi antara Remaja yang Hidup dalam Keluarga Lengkap, Keluarga Single Parent, dan Remaja yang Hidup di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi, 4(2), 62–70.

Raco, Josef R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo

Raffaelli, M., & Ontai, L. L. (2004). Gender socialization in Latino/a families: Results from two retrospective studies. Sex Roles: A Journal of Research, 50(5-6), 287–299. https://doi.org/10.1023/B:SERS.0000018886.58945.06

Reivich, K. & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor. New York: Broadway Books

Rusmaladewi, R., & Ananda, K. (2023). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Eskpresif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Jekan Raya. Pintar Harati : Jurnal Pendidikan Dan Psikologi, 19(1), 27–38. https://doi.org/10.36873/jph.v19i1.9955

Santrock, Jhon W. (2011). Life – Span Development : Perkembangan Masa Hidup, Edisi 13, Jilid II. Jakarta : Erlangga.

Sari, D. P., Istiana, I., & Wahyuni, N. S. (2021). Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 2(2), 148–157. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.111

Saryono, 2010. Metode Penelitian Kualitatif, PT. Alfabeta, Bandung.

Sissilia, V., & Falah, F. (2020). Resiliensi Single Mother Pasca Perceraian. Proyeksi, 13(1), 68. https://doi.org/10.30659/jp.13.1.68-77

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung : Alfabeta.

Suhartini, J. D., & Malik, A. (2024). Pola Asuh Ibu Tunggal Dalam Keberhasilan Pendidikan Anak. Jendela PLS, 9(1), 86–101. https://doi.org/10.37058/jpls.v9i1.11531

Suprihatin, T. (2019). Dampak Pola Asuh Orang Tua Tunggal ( Single Parent Parenting ) Terhadap Perkembangan Remaja. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Unissula, 145–160.

Smith, Jonathan A. (2009). Dasar-dasar Psikologi Kualitatif. Bandung : Nusa Media.

Steinberg, L. (2014). Age of opportunity: Lessons from the new science of adolescence. Houghton Mifflin Harcourt.

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5506–5518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1717

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Hapsari, L. A., & Anggara, O. F. (2025). Makna Resiliensi Remaja Akhir yang Dibesarkan oleh Single Mother. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 12(02), 774–783. https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n02.p774-783
Abstract views: 1 , PDF Downloads: 0

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.