PENGGUNAAN WEB-BASED LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH MENGGUNAKAN STRATEGI BERPIKIR KREATIF

Main Article Content

Kenis Rosana
ekohariadi ekohariadi

Abstract

Kompetensi yang diperlukan dalam abad 21 ini, biasa disebut dengan “The 4Cs”. Yang memiliki arti diantaranya adalah berpikir kreatif, berpikir kritis, komunikasi dan kolaborasi. Keterampilan-keterampilan tersebut diperlukan oleh guru untuk mengajar peserta didik sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menghadapi tantangan era industri 4.0. Revolusi 4.0 ini akan menjadikan pembelajaran di sekolah menengah tidak terlepas dari teknologi informasi berupa web. Keberhasilan proses pembelajaran berbasis teknologi adalah dengan keterlibatan siswa secara aktif dalam memahami dan menggunakan web-based learning secara efektif dan efisien. Selain itu juga strategi berpikir kreatif akan terus dibutuhkan untuk mendukung inovasi baru didalam dunia pendidikan. Pada studi literatur ini, maka peneliti memfokuskan pada analisis mengenai penggunaan web-based learning di sekolah menengah menggunakan strategi berpikir kreatif. Studi literatur ini berisi 11 temuan dari studi penelitian sebelumnya. Empat strategi diadopsi dari Torrance Test of Creative Thinking (TTCT), yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration.

Article Details

How to Cite
Rosana, K., & ekohariadi, ekohariadi. (2020). PENGGUNAAN WEB-BASED LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH MENGGUNAKAN STRATEGI BERPIKIR KREATIF. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 113-120. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36461
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>