ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Main Article Content

Mochamad Guruh Triyono
Dodik Arwin Dermawan

Abstract

Wabah covid-19 yang melanda Indonesia berdampak pada berbagai sektor yang ada, termasuk sektor pendidikan. Pemerintah dituntut untuk memutar otak dalam pelaksanaan pembelajaran. Di SMK Negeri 2 Surabaya telah menerapkan pembelajaran secara hybrid learning (25% siswa dikelas dan 75% di rumah menggunakan aplikasi microsoft teams) untuk mengatasi masalah ini. Penerapan metode pembelajaran hybrid learning dilakukan karena wabah covid-19 yang menimpa Indonesia menimbulkan pro kontra dari pelajar dan juga guru yang mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung apa saja dalam penerapan model pembelajaran hybrid learning, Apakah efektif model pembelajaran hybrid learning di terapkan untuk membantu pemahaman siswa, dan apakah model pembelajaran hybrid learning dapat tetap dilanjutkan untuk pembelajaran. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis dan mendeskripsikan data hasil pengamatan. Data di ambil dari dua sudut pandang siswa dan guru di jurusan teknik komputer dan jaringan. Kurikulum pendidikan perlu dievaluasi berdasarkan data yang di dapat dari sudut pandang siswa tidak setuju 47 atau setara 39,17% dan sangat tidak setuju 5 siswa atau setara 4,17%. Sedangkan dari sudut pandang guru menjawab tidak setuju 3 orang atau setara 60% menunjukkan bahwa kurikulum penerapan model pembelajaran hybrid learning belum diatur dengan baik. Komunikasi antara guru dan siswa menjadi kurang efektif berdasarkan data yang di dapatkan siswa memilih tidak setuju 65 atau setara 54,17% dan sangat tidak setuju 7 siswa atau setara 5,83%. Sedangkan dari sudut pandang guru menjawab tidak setuju 4 orang atau setara 80%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran hybrid learning dinilai kurang efektif. Pembelajaran ini butuh banyak penyempurnaan dan kajian. Tetapi penerapan pembelajaran ini dapat membantu di saat pandemi covid-19 ini dikarenakan model pembelajaran ini membagi aktivitas siswa di rumah 75% dan di sekolah 25%.

Article Details

How to Cite
Triyono, M., & Dermawan, D. (2021). ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 6(1), 646-656. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/41428
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3