PENGEMBANGAN HYBRID BASED LEARNING BERBASIS STEAM MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERDASARKAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHADAPI TUNTUTAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Main Article Content

Arkhi Muttaqina Suwandi
I Gusti Lanang Eka Prismana

Abstract

Saat ini, Perkembangan era revolusi industri 4.0 semakin pesat membutuhkan sumber daya manusia yang baik dan sadar akan kebutuhan perkembanagn zaman, disamping saat ini pandemi covid-19 sedang terjadi diseluruh negara tidak terkecuali Indonesia. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan untuk berpikir kritis, kreatif dan berkolaborasi dengan komunikasi yang baik sesuai dengan kompetensi pembelajaran hibrida atau 4C sangat dibutuhkan untuk menghadapi tuntutan revolusi industri 4.0, Disamping itu penekanan pada keterampilan dan pengetahuan sangat penting untuk bisa menjadi tenaga kerja yang siap dibutuhkan untuk dunia industri. Dengan demikian peneliti akan mengembangkan model pembelajaran Hybrid Based Learning berbasis STEAM menggunakan LMS Edmodo berdasarkan LKS pada mata pelajaran pemrograman web. Menggunakan desain penelitian one – group pretest-posttest design. Menggunakan instrumen yang sudah divalidasi oleh 3 pengulas dari ahli media, materi dan guru SMK. Penelitian ini mendapatkan hasil peningkatan belajar yang sebelumnya 66,32 menjadi 78,29 dan hasil penilaian keterampilan siswa mendapatkan rata rata sebanyak 83,7 model dan media pembelajaran yang diteliti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mempunyai keterampilan dalam pengerjaan LKS rata-rata baik. Respon siswa terhadap model dan media pembelajaran adalah positif dengan nilai persentase 74,43% sedangkan Respon guru terhadap media yang digunakan untuk menunjang pembelajaran juga didapati hasil layak dengan memperoleh persentase sebanyak 87,85%.

Article Details

How to Cite
Suwandi, A., & Prismana, I. G. L. (2021). PENGEMBANGAN HYBRID BASED LEARNING BERBASIS STEAM MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERDASARKAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHADAPI TUNTUTAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 6(2), 13-31. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/43430
Section
Articles