PENINGKATAN KOMPETENSI PERAKITAN KOMPUTER DAN JARINGAN SISWA KELAS XI RPL BERBASIS WEBSITE PEMBELAJARAN DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING (STUDI KASUS : SMK SEMEN GRESIK)

Main Article Content

Muhammad Robieth Rosyidi
I Gusti Lanang Eka Prismana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi pengembangan media pembelajaran, mengukur validitasnya, serta membuktikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perakitan komputer dan jaringan. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan DDDIE digunakan, dan desain penelitian yang diadopsi adalah one group pretest-posttest. Data pretest dan posttest berupa 40 pertanyaan pilihan ganda. Hasil analisis belajar siswa pada mata pelajaran perakitan komputer dan jaringan menunjukkan bahwa kelas XI RPL memiliki rata-rata nilai pretest sebesar 72,46 dan nilai posttest sebesar 89,09. Setelah menghitung thitung (52,9) dan ttabel (0,00), ditemukan bahwa thitung > ttabel (52,9 > 0,00), menandakan bahwa perbedaan antara hasil pretest dan posttest signifikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian, yang menyatakan adanya pengaruh positif dalam mengubah metode pembelajaran konvensional menjadi metode pembelajaran berbasis website (Project Based Learning) pada mata pelajaran perakitan komputer dan jaringan, diterima.

Article Details

How to Cite
Rosyidi, M., & Prismana, I. G. (2024). PENINGKATAN KOMPETENSI PERAKITAN KOMPUTER DAN JARINGAN SISWA KELAS XI RPL BERBASIS WEBSITE PEMBELAJARAN DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING (STUDI KASUS : SMK SEMEN GRESIK). IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 9(1), 40-46. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/58557
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)