PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING MOODLE PADA MATA PELAJARAN PROJEK DASAR KONSENTRASI KEAHLIAN DI SMKN 1 DRIYOEJO

Main Article Content

Putri Islamiah
I Gusti Lanang Eka Prismana

Abstract

Penggunaan E-learning untuk media pembelajaran sangat banyak digunakan didunia pendidikan saat ini. Penelitihan ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar siswa terhadap problem solving siswa terhadap media pembelajaran di sekolah. Penelitihan ini memanfaatkan Learning Managenet System (LMS) berbasis Moodle sebagai media pembelajarannya. Metode penelitihan yang digunakan dalam penelitihan ini yaitu metode SDLC. Penelitihan dilakukan di SMK Negeri 1 Driyorejo Gresik dengan menggunakan 2 Sample Kelas X Jurusan Multimedia. Teknik analisis instrumen menggunakan uji validitas dan uji respon siswa, data analis menggunakan analisis Uji-T 2-sample independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon peserta didik terhadap penggunaan E-learning berbasis Moodle sangat baik. Dari hasil analisis belajar siswa dua kelas menggunakan Uji T independent dua sampel menunjukkan bahwa nilai Uji T mencapai 0, 000 dimana nilai tersebut menunjukkan hasil bahwa H0 ditolak dan menerima H1 sehingga hasilnya adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran E- learning berbasis Moodle dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional.

Article Details

How to Cite
Islamiah, P., & Prismana, I. G. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING MOODLE PADA MATA PELAJARAN PROJEK DASAR KONSENTRASI KEAHLIAN DI SMKN 1 DRIYOEJO. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 111-121. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/55833
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)