PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN JARINGAN NIRKABEL BERBASIS ANDROID PADA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 SURABAYA

Main Article Content

Kemala Adinda Salwa
I Gusti Lanang Eka Prismana

Abstract

Game edukasi pengenalan jaringan nirkabel adalah salah satu jenis permainan yang memiliki materi pendidikan dengan tujuan untuk mendorong minat dan motivasi siswa dalam memahami materi pengenalan jaringan nirkabel. Menurut hasil observasi awal terdapat lebih banyak siswa yang belum memahami jaringan nirkabel dengan baik. Hal ini akan memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi jaringan nirkabel. Karena itu, peneliti melakukan pengembangan game edukasi berbasis Android guna mengetahui adanya dampak pada standar kompetensi siswa tentang pengenalan jaringan nirkabel. Pengembangan yang dilakukan menggunakan model penelitian oleh Borg & Gall. Sasaran penelitian ini meliputi 68 siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi awal untuk mengetahui kebutuhan siswa dalam pembelajaran serta soal tes berupa pretest dan posttest untuk mengetahui dampat dari pengembangan game edukasi tersebut. Hasil uji validasi instrumen menunjukkan bahwa media pembelajaran game edukasi Pengenalan Jaringan Nirkabel dikategorikan memiliki validitas sangat baik dengan nilai 84%. Untuk mengetahui uji hipotesis terhadap hasil belajar siswa dilakukan uji Paired Sample T-Test dengan hasil menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,000 dimana hasil tersebut kurang dari 0,05 sehingga yang berarti bahwa terdapat dampak yang signifikan dari pengembangan game edukasi Pengenalan Jaringan Nirkabel terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Surabaya.

Article Details

How to Cite
Salwa, K., & Prismana, I. G. (2023). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN JARINGAN NIRKABEL BERBASIS ANDROID PADA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 SURABAYA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 122-127. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/55836
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)