PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEBSITE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK DI SMKN 2 MOJOKERTO
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam pengembangan e-learning berbasis website dan hasil kelayakan e-learning berbasis website sebagai alat pembelajaran pada matapelajaran pemrograman berorientasi objek. (2) Mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil tes keterampilan pemecahan masalah siswa yang menggunakan e-learning berbasis website dengan model pembelajaran PBL dengan siswa yang tidak menggunakan e-learning berbasis website dengan model pembelajaran langsung pada matapelajaran pemrograman berorientasi objek. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian kuantitif berbentuk Quasi Experimental Design. Penelitian ini juga ditekankan pada pengembangan media e-learning berbasis website dengan model pengembangan ADDIE. Setelah dilakukan proses validasi oleh validator dan proses perhitungan penilaian validasi media, maka diperoleh nilai rata-rata validasi media sebesar 4.88, maka menunjukkan bahwa e-learning berbasis website layak dengan klasifikasi Sangat Layak. Kemudian hasil perhitungan menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah siswa berbeda ketika mereka menggunakan dan tidak menggunakan e-learning berbasis website sebagai alat pembelajaran memanfaatkan bantuan model pembelajaran PBL atau H1 di terima dan H0 di tolak. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan e-learning berbasis website sebagai alat pembelajaran dengan bantuan model pembelajaran PBL memiliki hasil yang lebih baik.