PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEBSITE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK DI SMKN 2 MOJOKERTO

Main Article Content

Huzaifa Dwi Yanti
Ekohariadi Ekohariadi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam pengembangan  e-learning berbasis website dan hasil kelayakan e-learning berbasis website sebagai alat pembelajaran pada matapelajaran pemrograman berorientasi objek. (2) Mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil tes keterampilan pemecahan masalah siswa yang menggunakan e-learning berbasis website dengan model pembelajaran PBL dengan siswa yang tidak menggunakan e-learning berbasis website dengan model pembelajaran langsung pada matapelajaran pemrograman berorientasi objek. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian kuantitif berbentuk Quasi Experimental Design. Penelitian ini juga ditekankan pada pengembangan media e-learning berbasis website dengan model pengembangan ADDIE. Setelah dilakukan proses validasi oleh validator dan proses perhitungan penilaian validasi media, maka diperoleh nilai rata-rata validasi media sebesar 4.88, maka menunjukkan bahwa e-learning berbasis website layak dengan klasifikasi Sangat Layak. Kemudian hasil perhitungan menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah siswa berbeda ketika mereka menggunakan dan tidak menggunakan e-learning berbasis website sebagai alat pembelajaran memanfaatkan bantuan model pembelajaran PBL atau H1 di terima dan H0 di tolak. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan e-learning berbasis website sebagai alat pembelajaran dengan bantuan model pembelajaran PBL memiliki hasil yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yanti, H. D., & Ekohariadi, E. (2024). PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEBSITE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK DI SMKN 2 MOJOKERTO. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.26740/it-edu.v9i1.58273
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>