PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING KELAS X TKJ SMKN 7 SURABAYA

Main Article Content

Aprilia Wulan Mega Sari
Ekohariadi Ekohariadi

Abstract

Tujuan penelitian dilakukan untuk (1) mengembangkan produk atau media dengan berbasis web yang selanjutkan dilakukan validasi atau kelayakan media oleh para ahli (2) untuk melihat apakah ada perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan eksperimen pada mata pelajaran Informatika kelas X TKJ SMKN 7 Surabaya. Metode penelitian ini Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan tahap terakhir yaitu Disseminate (penyebarluasan) dan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini memperoleh hasil presentase kelayakan produk sebesar 87.2% (sangat layak) pada validasi media, 87% (sangat layak) pada validasi materi, 84.5% (sangat layak) pada validasi soal, dan 83,8% (sangat layak) pada validasi RPP. Validator kelayakan dilakukan terdiri dari 5 dosen dan 1 guru TKJ SMKN 7 Surabaya dengan rata-rata hasil keseluruhan validasi kelayakan media sebesar 85.6% sehingga dapat dikategorikan “sangat layak”. Penelitian ini menggunakan desin uji coba True - Eksperimen dengan pendekatan Pretest - posttest Control Group Design. Nilai Sig. (2-tailed) pada uji hipotesis penelitian ini diperoleh sebesar 0.01 yaitu kurang dari 0.05 oleh karenanya pada penelitian ini H1 diterima, dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan dengan adanya penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan dengan berbasis web dapat memberikan dampak yang cukup signifikan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Informatika kelas X TKJ SMKN 7 Surabaya

Article Details

How to Cite
Sari, A., & Ekohariadi, E. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING KELAS X TKJ SMKN 7 SURABAYA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 9(1), 17-25. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/58275
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>