Rancang Bangun Lms Dengan Mengimplementasikan PBL Untuk Meningkatkan Kompetensi Programmer Dasar Melalui Penerapan Computational Thinking

Authors

  • Pramita Afrilia Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Sujatmiko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pengajaran di kelas masih menggunakan metode konvensional tanpa evaluasi kemampuan siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan merancang LMS berbasis PBL untuk meningkatkan kompetensi programmer dasar melalui pendekatan computational thinking. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yang mengacu pada kerangka kerja model ADDIE. LMS dikembangkan menggunakan PHP 8.1.2 dan MySQL. Subjek penelitian terdiri dari 5 validator dan 35 siswa kelas XI RPL I di SMKN 2 Surabaya. Hasil validasi media, materi, soal, dan RPP menunjukkan kategori “sangat valid” dengan persentase di atas 87%. Pengujian dengan metode paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perubahan signifikan antara dua nilai yang dibandingkan. pada nilai kognitif (dari 45.14 ke 77.57) dan psikomotorik (dari 55.57 ke 78.14) dengan nilai Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05. Dengan demikian, LMS berbasis PBL efektif meningkatkan kompetensi programmer dasar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-06-2025

How to Cite

Afrilia, P., & Sujatmiko, B. (2025). Rancang Bangun Lms Dengan Mengimplementasikan PBL Untuk Meningkatkan Kompetensi Programmer Dasar Melalui Penerapan Computational Thinking. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 10(02), 76–82. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/69543
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>