Rancang Bangun Lms Dengan Mengimplementasikan PBL Untuk Meningkatkan Kompetensi Programmer Dasar Melalui Penerapan Computational Thinking
Abstract
Pengajaran di kelas masih menggunakan metode konvensional tanpa evaluasi kemampuan siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan merancang LMS berbasis PBL untuk meningkatkan kompetensi programmer dasar melalui pendekatan computational thinking. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yang mengacu pada kerangka kerja model ADDIE. LMS dikembangkan menggunakan PHP 8.1.2 dan MySQL. Subjek penelitian terdiri dari 5 validator dan 35 siswa kelas XI RPL I di SMKN 2 Surabaya. Hasil validasi media, materi, soal, dan RPP menunjukkan kategori “sangat valid” dengan persentase di atas 87%. Pengujian dengan metode paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perubahan signifikan antara dua nilai yang dibandingkan. pada nilai kognitif (dari 45.14 ke 77.57) dan psikomotorik (dari 55.57 ke 78.14) dengan nilai Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05. Dengan demikian, LMS berbasis PBL efektif meningkatkan kompetensi programmer dasar siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

