STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERUPA BUKU TEKS DAN MODUL ELEKTRONIK AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA MATERI JURNAL PENYESUAIAN KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • NUR ROMA PRIMA KARINA
  • ROCHMAWATI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa dalam penggunaan bahan ajar berupa buku teks pelajaran dan modul elektronik akuntansi perusahaan jasa materi jurnal penyesuaian kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan true experimental dengan rancangan randomized pretest-posttest control group design. Kelas kontrol memiliki rata-rata nilai posttest sebesar 81, sedangkan kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai posttest sebesar 91. Kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan atau diberikan perlakuan yang sama dengan sehari-hari yaitu menggunakan buku teks memiliki rata-rata pretest sebesar 51 dan rata-rata posttest sebesar 81 meningkat 30 poin, sedangkan kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan modul elektronik memiliki rata-rata pretest sebesar 53 dan rata-rata posttest sebesar 91 meningkat 38 poin. Dengan hasil perhitungan signifikansi sebesar 0,009 kurang dari 0,05 pada taraf signifikansi 5 % sehingga hipotesis diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam penggunaan bahan ajar berupa buku teks pelajaran dan modul elektronik akuntansi perusahaan jasa materi jurnal penyesuaian kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya tahun pelajaran 2017/2018. Pembelajaran menggunakan modul elektronik lebih unggul dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan buku teks.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-13

How to Cite

ROMA PRIMA KARINA, N., & ROCHMAWATI. (2018). STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERUPA BUKU TEKS DAN MODUL ELEKTRONIK AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA MATERI JURNAL PENYESUAIAN KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25473

Issue

Section

Article
Abstract views: 33 , PDF Downloads: 107

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>