PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE LEARNING START WITH A QUESTION DENGAN QUESTION STUDENT HAVE KELAS XI MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN SMK NEGERI 4 SURABAYA

Authors

  • LAILATUL MAGFIROH
  • ROCHMAWATI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada penggunaan model pembelajaran active learning tipe learning start with a question dengan question student have kelas XI mata pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan true experimental design dengan pretest-posttest control group, populasi yang digunakan yakni peserta didik kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel, sampel pada penelitian ini yakni kelas XI AK 1 sebagai kelas eksperimen dengan diterapkannya active learning tipe learning start with a question dan kelas XI AK 2 sebagai kelas kontrol dengan diterapkannya active learning tipe question student have. Sesuai uji-t didapatkan taraf signifikansi sebesar 0,000 dimana < 0,05 dengan perolehan nilai t hitung dan t tabel masing-masing 3,654 dan 1,993 yang menunjukkan t hitung > t tabel yang mengartikan bahwa Ha diterima yakni ada perbedaan hasil belajar siswa pada penggunaan model pembelajaran active learning tipe learning start with a question dengan question student have kelas XI Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan SMK Negeri 4 Surabaya.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Learning Start With a Question, Question Student Have.

 





Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-24

How to Cite

MAGFIROH, L., & ROCHMAWATI. (2018). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE LEARNING START WITH A QUESTION DENGAN QUESTION STUDENT HAVE KELAS XI MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25614

Issue

Section

Article
Abstract views: 19 , PDF Downloads: 46

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>