Pengaruh Faktor Demografi, dan Pembelajaran Di Perguruan Tinggi, Terhadap Financial Literacy Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESA
Abstract
Setiap individu menuntut dirinya berkembang dan berusaha mencari solusi dalam memenuhi kebutuhannya dan selain itu dirinya juga sangat dianjurkan dalam menyesuaikan diri dalam menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). sehingga dari sini individu (Mahasiswa) atau masyarakat memerlukan financial literacy agar lebih melek keuangan dalam memilih produk keuangan yang beredar di kehidupan sehari-hari. Faktor-faktor yang mempengaruhi financial literacy sangat bermacam-macam dan beraneka ragam, tetapi peneliti memilih faktor demografi dan pembelajaran di perguruan tinggi yang dikarenakan faktor tersebut sangat mendekati karakteristik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Progam studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2015 dan 2016. Tujuan penelitian ini diantaranya : (1) Untuk mengetahui pengaruh apakah faktor demografi dan pembelajaran di perguruan tinggi terhadap financial literacy mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESA, (2) Untuk mengetahui pengaruh apakah faktor demografi terhadap financial literacy mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESA, (3) Untuk mengetahui pengaruh apakah pembelajaran di perguruan tinggi terhadap financial literacy mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESA.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2015 dan 2016 di Universitas Negeri Surabaya sebanyak 169 orang dan sampel sebanyak 119. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket online. Teknik analisi data menggunakan uji regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 22 for windows. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa : (1) Faktor demografi dan pembelajaran perguruan tinggi secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap financial literacy mahasiswa prodi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi UNESA, (2) Faktor demografi berpengaruh signifikan terhadap financial literacy mahasiswa prodi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi UNESA, (3) Pembelajaran di perguruan tinggi tidak berpengaruh signifikan terhadap financial literacy mahasiswa prodi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi UNESA.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

