Pengaruh Faktor Demografi, dan Pembelajaran Di Perguruan Tinggi, Terhadap Financial Literacy Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESA

Authors

  • FERYANTO
  • ROCHMAWATI

Abstract

Setiap individu menuntut dirinya berkembang dan berusaha mencari solusi dalam memenuhi kebutuhannya dan selain itu dirinya juga sangat dianjurkan dalam menyesuaikan diri dalam menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). sehingga dari sini individu (Mahasiswa) atau masyarakat memerlukan financial literacy agar lebih melek keuangan dalam memilih produk keuangan yang beredar di kehidupan sehari-hari. Faktor-faktor yang mempengaruhi financial literacy sangat bermacam-macam dan beraneka ragam, tetapi peneliti memilih faktor demografi dan pembelajaran di perguruan tinggi yang dikarenakan faktor tersebut sangat mendekati karakteristik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Progam studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2015 dan 2016. Tujuan penelitian ini diantaranya : (1) Untuk mengetahui pengaruh apakah faktor demografi dan pembelajaran di perguruan tinggi terhadap financial literacy mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESA, (2) Untuk mengetahui pengaruh apakah faktor demografi terhadap financial literacy mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESA, (3) Untuk mengetahui pengaruh apakah pembelajaran di perguruan tinggi terhadap financial literacy mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESA.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2015 dan 2016 di Universitas Negeri Surabaya sebanyak 169 orang dan sampel sebanyak 119. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket online. Teknik analisi data menggunakan uji regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 22 for windows. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa : (1) Faktor demografi dan pembelajaran perguruan tinggi secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap financial literacy mahasiswa prodi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi UNESA, (2) Faktor demografi berpengaruh signifikan terhadap financial literacy mahasiswa prodi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi UNESA, (3) Pembelajaran di perguruan tinggi tidak berpengaruh signifikan terhadap financial literacy mahasiswa prodi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi UNESA.






Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-18

How to Cite

FERYANTO, & ROCHMAWATI. (2019). Pengaruh Faktor Demografi, dan Pembelajaran Di Perguruan Tinggi, Terhadap Financial Literacy Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/29291

Issue

Section

Article
Abstract views: 31 , PDF Downloads: 69

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>