Pengembangan Buku Ajar Berbasis Guided Discovery Pada Mata Pelajaran Produk Syariah Semester 2 Kelas XII Perbankan Syariah Di SMK Negeri

  • MUSTIKA KUSUMANINGTYAS
  • LUQMAN HAKIM

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar berbasis guided discovery pada mata pelajaran produk syariah semester 2 kelas XII Perbankan Syariah di SMK Negeri untuk membantu peserta didik agar lebih aktif dalam mencari informasi mengenai hal baru yang dipelajarinya serta membantu dalam aktivitas belajar. Selain itu, penelitian pengembangan ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap buku ajar produk syariah berbasis guided discovery yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan yaitu mengacu pada model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang berupa empat tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil pengembangan buku ajar berbasis guided discovery diperoleh rata-rata kelayakan sebesar 84,7% dan hasil respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 91%. Sehingga dengan demikian, buku ajar berbasis guided discovery pada mata pelajaran produk syariah semester 2 kelas XII Perbankan Syariah sangat layak dan sangat baik digunakan sebagai bahan ajar.





Published
2018-10-03
How to Cite
KUSUMANINGTYAS, M., & HAKIM, L. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Guided Discovery Pada Mata Pelajaran Produk Syariah Semester 2 Kelas XII Perbankan Syariah Di SMK Negeri. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25693
Section
Article
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 37