Pengembangan Buku Ajar Berbasis Guided Discovery Pada Mata Pelajaran Produk Syariah Semester 2 Kelas XII Perbankan Syariah Di SMK Negeri
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar berbasis guided discovery pada mata pelajaran produk syariah semester 2 kelas XII Perbankan Syariah di SMK Negeri untuk membantu peserta didik agar lebih aktif dalam mencari informasi mengenai hal baru yang dipelajarinya serta membantu dalam aktivitas belajar. Selain itu, penelitian pengembangan ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap buku ajar produk syariah berbasis guided discovery yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan yaitu mengacu pada model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang berupa empat tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil pengembangan buku ajar berbasis guided discovery diperoleh rata-rata kelayakan sebesar 84,7% dan hasil respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 91%. Sehingga dengan demikian, buku ajar berbasis guided discovery pada mata pelajaran produk syariah semester 2 kelas XII Perbankan Syariah sangat layak dan sangat baik digunakan sebagai bahan ajar.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 37