PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH PADA SISWA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN SYARIAH
Abstract
Penelitian pengembangan ini menghasilkan buku ajar dengan menggunakan langkah-langkah saintifik pada kegiatan inti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk menganalisis proses pengembangan buku ajar, menganalisis kelayakan buku ajar, serta menganalisis respon peserta didik terhadap buku ajar berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran akuntansi perbankan syariah yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan tanpa melakukan tahap disseminate. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Perbankan Syariah SMK Negeri 1 Lamongan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil akhir rata-rata kelayakan buku ajar oleh para ahli sebesar 85% dengan kategori Sangat Valid. Komponen kelayakan isi menunjukkan hasil sebesar 93,33% dengan kategori sangat valid, komponen kelayakan penyajian sebesar 85% dengan kategori sangat valid, komponen kebahasaan sebesar 93,33% dengan kategori sangat valid, serta komponen kegrafikan sebesar 85% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba produk juga menunjukkan bahwa buku ajar dapat menarik minat peserta didik untuk belajar, ditunjukkan dengan hasil prosentase sebesar 76,25% dengan kategori valid.
Kata Kunci: Akuntansi Perbankan Syariah, Bahan Ajar, Buku Ajar, Pendekatan Saintifik
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 154