PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH PADA SISWA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN SYARIAH

  • NELLA PUSPITA RATIH
  • LUQMAN HAKIM

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan buku ajar dengan menggunakan langkah-langkah saintifik pada kegiatan inti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk menganalisis proses pengembangan buku ajar, menganalisis kelayakan buku ajar, serta menganalisis respon peserta didik terhadap buku ajar berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran akuntansi perbankan syariah yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan tanpa melakukan tahap disseminate. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Perbankan Syariah SMK Negeri 1 Lamongan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil akhir rata-rata kelayakan buku ajar oleh para ahli sebesar 85% dengan kategori Sangat Valid. Komponen kelayakan isi menunjukkan hasil sebesar 93,33% dengan kategori sangat valid, komponen kelayakan penyajian sebesar 85% dengan kategori sangat valid, komponen kebahasaan sebesar 93,33% dengan kategori sangat valid, serta komponen kegrafikan sebesar 85% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba produk juga menunjukkan bahwa buku ajar dapat menarik minat peserta didik untuk belajar, ditunjukkan dengan hasil prosentase sebesar 76,25% dengan kategori valid.

Kata Kunci: Akuntansi Perbankan Syariah, Bahan Ajar, Buku Ajar, Pendekatan Saintifik

Published
2018-10-09
How to Cite
PUSPITA RATIH, N., & HAKIM, L. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH PADA SISWA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN SYARIAH. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25728
Section
Article
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 154