PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK SYARIAH SEMESTER I KELAS XI PERBANKAN SYARIAH DI SMK NEGERI 2 MOJOKERTO
Abstract
Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar pada maata pelajarn prodku syariah berbasis saintifik kelas XI Perbankan Syariah di SMK Negeri 2 Mojokerto agar mampu mewujudkan peningkatan motivasi belajar, penguasaan konsep materi dan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran materi tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik pada buku ajar produk syariah dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan. Model yang diterapkan merupakan model pengembangan 4P yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Metode penelitian yang diterapkan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa,dan kelayakan kegrafikan dari proses pengembangan memperoleh persentase masing-masing sejumlah 86,4%, 88,4%, 88,5%, 87,6% dengan rata-rata kelayakan 87,7%. Sedangkan respon siswa diperoleh 88,2%. Dengan demikian, buku ajar mata pelajaran produk syariah berbasis saintifik dinyatakan sangat layak digunakan untuk bahan ajar dalam peningkatan penguasaan konsep materi dan pemahaman siswa kelas XI Perbankan Syariah di SMK Negeri 2 Mojokerto pada mata pelajaran produk syariah.
Kata Kunci: Buku ajar, saintifik, produk syariah.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 71