PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK SYARIAH DI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN SYARIAH
Abstract
ABSTRAK
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK SYARIAH DI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN SYARIAH
Nama : Chusnul Qhotimah
NIM : 14080304078
Program studi : S1 Pendidikan Akuntansi
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
NamaLembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Luqman Hakim, S.Pd., M.SA.
Di dalam kurikulum 2013 pembelajaran masih didukung dengan penggunaan bahan ajar, tanpa adanya bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum maka proses belajar di kelas menjadi kurang maksimal. LKPD merupakan bahan ajar yang memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang diberikan oleh guru, selain itu LKPD juga dapat membuat peserta didik bekerja secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik, 2) kelayakan menurut ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis 3) respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan.
Model pengembangan pada penelitian menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar telaah dan validasi menurut ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis serta angket respon siswa. Penghitungan skor persentase mengacu pada skala likert dan skala guttman.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan isi sebesar 81,53% dengan kriteria sangat baik, kelayakan penyajian sebesar 92% dengan kriteria sangat baik, bahasa sebesar 84,61% dengan kriteria sangat baik, dan kegrafikan sebesar 89% dengan kriteria sangat baik. Dari keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 86,78% dengan kriteria sangat baik. Untuk angket respon siswa memperoleh hasil rata-rata sebesar 93% dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci :Bahan Ajar, LKPD, Pendekatan Saintifik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

