PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK SYARIAH DI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN SYARIAH

  • CHUSNUL QHOTIMAH
  • LUQMAN HAKIM

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK SYARIAH DI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN SYARIAH

 

Nama : Chusnul Qhotimah

NIM : 14080304078

Program studi : S1 Pendidikan Akuntansi

Jurusan : Pendidikan Ekonomi

Fakultas : Ekonomi

NamaLembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dr. Luqman Hakim, S.Pd., M.SA.

 

Di dalam kurikulum 2013 pembelajaran masih didukung dengan penggunaan bahan ajar, tanpa adanya bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum maka proses belajar di kelas menjadi kurang maksimal. LKPD merupakan bahan ajar yang memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang diberikan oleh guru, selain itu LKPD juga dapat membuat peserta didik bekerja secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik, 2) kelayakan menurut ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis 3) respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan.

Model pengembangan pada penelitian menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar telaah dan validasi menurut ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis serta angket respon siswa. Penghitungan skor persentase mengacu pada skala likert dan skala guttman.

Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan isi sebesar 81,53% dengan kriteria sangat baik, kelayakan penyajian sebesar 92% dengan kriteria sangat baik, bahasa sebesar 84,61% dengan kriteria sangat baik, dan kegrafikan sebesar 89% dengan kriteria sangat baik. Dari keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 86,78% dengan kriteria sangat baik. Untuk angket respon siswa memperoleh hasil rata-rata sebesar 93% dengan kriteria sangat baik.

 

Kata kunci :Bahan Ajar, LKPD, Pendekatan Saintifik.

 





Published
2018-10-10
How to Cite
QHOTIMAH, C., & HAKIM, L. (2018). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK SYARIAH DI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN SYARIAH. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25749
Section
Article
Abstract Views: 135
PDF Downloads: 154