Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Berbasis Scientific Approach

  • NINDA DWI AGISTA
  • LUQMAN HAKIM

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini menghasilkan lembar kegiatan peserta didik mata pelajaran akuntansi perbankan syariah berbasis scientific approach dengan mengetahui respon pada peserta didik di SMK Negeri 1 Lamongan dan SMK Muhammadiyah Lamongan serta bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar kegiatan peserta didik terhadap lembar kegiatan peserta didik yang dihasilkan. Model pengembangan menggunakan model pengembangan menurut Thiagarajan yaitu 4-D (Four D Models), yakni define, design, develop, dan disseminate. Namun penelitian ini hanya sebatas pada tahap develop saja. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa lembar angket terbuka dan angket tertutup.

Hasil pengembangan memperlihatkan bahwa kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan grafis lembar kegiatan peserta didik yang didapatkan dari penilaian para ahli diperoleh dengan rata-rata kelayakan sebesar 80,25% dengan kriteria sangat layak. Hasil respon peserta didik terhadap kelayakan LKPD akuntansi perbankan syariah berbasis scientific approach didapatkan persentase sebesar 88,88% dengan kriteria sangat memahami. Dengan demikian, lembar kegiatan peserta didik mata pelajaran akuntansi perbankan syariah berbasis scientific approach dinyatakan sangat layak sebagai bahan ajar pendukung dan dapat digunakan dalam pembelajaran yang sesungguhnya.

 

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Akuntansi Perbankan Syariah, Scientific Approach.

 

 

 

Published
2018-10-19
How to Cite
DWI AGISTA, N., & HAKIM, L. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Berbasis Scientific Approach. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25805
Section
Article
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 66