Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Scientific Approach Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Sebagai Pendukung Pembelajaran Semester Gasal Kelas XI SMK
Abstract
LKPD berbasis scientific approach matapelajaran akuntansiperbankan syariah sebagai pendukung pembelajaran semester gasal ini, merupakan fokus pada penelitian yang dilakukan untuk peserta didik kelas XI SMK. Model yang digunakan oleh Peneliti adalah menurut S. Thiagarajan yaitu tentang model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini melibatkan ahli materi, grafik, dan bahasa. Peran ahli diantaranya adalah menelaah yang memuat komentar dan saran serta validasi yang memuat penilaian kelayakan LKPD. Berikut merupakan hasil validasi yang diberikan oleh ahli materi sebesar 72% dari kelayakan isi dengan kriteria “Layak” dan 73% dengan kriteria “Layak”, ahli grafik sebesar 97% dari komponen kegrafikan dengan kriteria “Sangat Layak”,serta ahli Bahasa yaitu 75% dengan kriteria“Layak”. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Mojokerto dengan melakukan uji coba terbatas yakni 20 peserta didik. Hasil uji coba penelitian tersebut diperoleh sebesar 92% dengan kriteria “Sangat Baik”.
Kata Kunci: LKPD berbasis scientific approach, Akuntansi Perbankan Syariah
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 37