Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Scientific Approach Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Sebagai Pendukung Pembelajaran Semester Gasal Kelas XI SMK

  • RISKIA PUTRA
  • LUQMAN HAKIM

Abstract

LKPD berbasis scientific approach matapelajaran akuntansiperbankan syariah sebagai pendukung pembelajaran semester gasal ini, merupakan fokus pada penelitian yang dilakukan untuk peserta didik kelas XI SMK. Model yang digunakan oleh Peneliti adalah menurut S. Thiagarajan yaitu tentang model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini melibatkan ahli materi, grafik, dan bahasa. Peran ahli diantaranya adalah menelaah yang memuat komentar dan saran serta validasi yang memuat penilaian kelayakan LKPD. Berikut merupakan hasil validasi yang diberikan oleh ahli materi sebesar 72% dari kelayakan isi dengan kriteria “Layak” dan 73% dengan kriteria “Layak”, ahli grafik sebesar 97% dari komponen kegrafikan dengan kriteria “Sangat Layak”,serta ahli Bahasa yaitu 75% dengan kriteria“Layak”. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Mojokerto dengan melakukan uji coba terbatas yakni 20 peserta didik. Hasil uji coba penelitian tersebut diperoleh sebesar 92% dengan kriteria “Sangat Baik”.

Kata Kunci: LKPD berbasis scientific approach, Akuntansi Perbankan Syariah

Published
2019-07-09
How to Cite
PUTRA, R., & HAKIM, L. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Scientific Approach Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Sebagai Pendukung Pembelajaran Semester Gasal Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/28976
Section
Article
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 37