PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG DI SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO
Abstract
Abstrak
Kemajuan teknologi yang pesat, mendorong manusia untuk mengembangkan alat evaluasi pembelajaran yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini memiliki tujuan 1) Untuk menganalisis proses pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis computer based test pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto; 2) Untuk menganalisis kelayakan alat evaluasi pembelajaran berbasis computer based test pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto; 3) Untuk menganalisis respon siswa terhadap alat evaluasi pembelajaran berbasis computer based test pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IIS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto, sedangkan obyek penelitian ini adalah pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis computer based test. Kelayakan atas alat evaluasi yang dikembangkan ditelaah dan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil akhir rata-rata kelayakan alat evaluasi oleh ahli materi sebesar 86% dengan kategori Sangat Layak. Hasil akhir rata-rata kelayakan alat evaluasi oleh ahli media sebesar 88% dengan kategori Sangat Layak. Hasil uji coba produk juga menunjukkan bahwa alat evaluasi dapat menarik minat peserta didik untuk belajar, ditunjukkan dengan hasil prosentase sebesar 85% dengan kategori Sangat Baik.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 564