Pengembangan Buku Ajar Akuntansi Perbankan Syariah Berbasis Problem Based Learning

  • RINDRA AISYAH PUTRI
  • LUQMAN HAKIM

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan buku ajar akuntansi perbankan syariah berbasis problem based learning. Penelitian ini juga berfungsi mengetahui kelayakan dari para ahli serta respon siswa kelas XI perbankan syariah di SMKN 2 Mojokerto terhadap buku ajar yang dikembangkan. Pengembangan ini mengacu pada model 4D oleh Thiagarajan meliputi tahap define, design, develop, disseminate. Tetapi pada penelitian ini tidak terbatas pada tahap develop.

Hasil penelitian menunjukkan kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan grafis memperoleh rata-rata sebesar 87,84% dengan kriteria sangat layak. Kemudian rata-rata untuk respon siswa memperoleh 93,03% dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan jika buku ajar ini layak digunakan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: Buku Ajar, Akuntansi Perbankan Syariah, Problem Based Learning.






Published
2019-08-13
How to Cite
AISYAH PUTRI, R., & HAKIM, L. (2019). Pengembangan Buku Ajar Akuntansi Perbankan Syariah Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30220
Section
Article
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 157