PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, EFIKASI DIRI DAN PROGAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN (PPP) TERHADAP MINAT MENJADI GURU AKUNTANSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI 2015 FAKULTAS EKONOMI UNESA

  • VITANA INKO SEPTIARA
  • AGUNG LISTIADI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi profesi guru, efikasi diri dan progam pengelolaan pembelajaran terhadap minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi 2015 Fakultas Ekonomi Unesa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner, dan dokumentasi.Populasi dan sampel dalam penelitian ini total keseluruhan 84 mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2015 dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang sebelumnya telah di uji asumsi klasik dengan bantuan progam SPSS versi 22.0.Berdasarkan hasil uji t, nilai signifikan hasil analisis variabel persepsi profesi guru sebesar 0,001, efikasi diri sebesar 0,000 dan progam pengelolaan pembelajaran (PPP) sebesar 0,035. Artinya secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap minat menjadi guru karena memiliki nilai signifikan < 0,05. Sedangkan hasil uji F diperoleh nilai signifikan 0 ,000. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi profesi guru, efikasi diri, dan progam pengelolaan pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap minat menjadi guru akuntansi mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi 2015 Fakultas Ekonomi Unesa. Disamping uji t dan uji F, nilai R square (R2) sebesar 0,789 artinya 78,9% minat menjadi guru akuntansi dipengaruhi oleh persepsi profesi guru, efikasi diri, dan progam pengelolaan pembelajaran (PPP).

Kata kunci : Persepsi profesi guru, Efikasi Diri, Progam Pengelolaan Pembelajaran, Minat menjadi guru

 

Abstract

This research aims to determine the effect of teacher profession perception, self-efficacy, and management learning program toward the interest to be an accounting teacher to the students of accounting education study in 2015 at the Faculty of Economics in Surabaya State University. This research is a quantitative research that uses the technique of data collection using interviews, questionnaires, and documentation. The populations and samples of this research are 84 students of accounting education study in 2015 using the saturated samples. The data analysis technique of this research uses the multiple linear regression analysis, which has tested on the classical assumption test by the researcher using the SPSS version 22.0 program previously. Based on the t-test result, the significant value of the analysis result of the teacher profession perception variable is 0.001, the self-efficacy variable is 0,000, and the management learning program variable is 0.035. It means that as partially, the three variables influence the interest to be a teacher because it has a significant value as <0.05. While, the F-test result has a significant value as 0,000. This shows us that the teacher profession perception, the self-efficacy, and the management learning program simultaneous influence the interest to be an accounting teacher to the students of accounting education study in 2015 at Faculty of Economics in Surabaya State University. Besides the t-test and F-test, the value of R square (R2) is 0.789. It means that 78.9% of the interest to be an accounting teacher is influenced by the teacher profession perception, the self-efficacy, and the management learning program. While, 21.1% is caused by the other factors that do not explain in this research.

Keywords: Teacher profession perception, Self Efficacy, Management Learning Program, Interest to be a teacher






Published
2019-09-11
How to Cite
INKO SEPTIARA, V., & LISTIADI, A. (2019). PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, EFIKASI DIRI DAN PROGAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN (PPP) TERHADAP MINAT MENJADI GURU AKUNTANSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI 2015 FAKULTAS EKONOMI UNESA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30512
Section
Article
Abstract Views: 340
PDF Downloads: 450