PENGARUH PEMAHAMAN PERPAJAKAN, INTENSITAS PEMBERIAN TUGAS DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PERPAJAKAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • LISTIANA ARISTIANTI
  • AGUNG LISTIADI

Abstract

Abstrak

Hasil belajar merupakan pencapaian yang diperoleh mahasiswa dari proses belajar mengajar. Hasil belajar dipengaruhi dari beberapa unsur, baik unsur internal maupun eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemahaman perpajakan, intensitas pemberian tugas, gaya belajar terhadap hasil belajar Akuntansi Perpajakan dan motivasi belajar pengaruh pemahaman perpajakan terhadap hasil belajar akuntansi perpajakan, motivasi belajar dapat memperkuat atau memperlemah intensitas pemberian tugas terhadap hasil belajar akuntansi perpajakan, dan motivasi belajar dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar akuntansi perpajakan pada mahasiswa pendidikan akuntansi fakultas ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2015 dan 2016 diambil secara random sebagai responden penelitian dengan jumlah 100 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu angket dan dokumentasi. Hasil penelitian a.) tidak terdapat pengaruh pemahaman perpajakan terhadap hasil belajar akuntansi perpajakan, terbukti Tstatistik sebesar 1,319 b.) Terdapat pengaruh intensitas pemberian tugas terhadap hasil belajar akuntansi perpajakan, terbukti Tstatistik sebesar 2,283 c.) Tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar akuntansi perpajakan, karena Tstatistik sebesar 1,1460 d.) Motivasi belajar bukan merupakan variabel moderating pemahaman perpajakan dan hasil belajar akuntansi perpajakan mahasiswa prodi Pendidikan Akuntansi, karena Tstatistik sebesar 0,643 e.) Motivasi belajar adalah variabel moderating dari intensitas pemberian tugas dengan hasil belajar akuntansi perpajakan mahasiswa prodi Pendidikan Akuntansi, karena senilai 2,335 f.) Motivasi Belajar adalah bukan merupakan variabel moderating dari gaya belajar dengan hasil belajar dengan Konstruk interaksi antar gaya belajar dan motivasi belajar memiliki nilai 1,059.

Kata Kunci: Pemahaman, Intensitas, Gaya, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Learning result are the achievements obtained by students from the teaching and learning process. Learning outcomes are influenced by several elements, both internal and external. The purpose of this study was to determine the effect of understanding Taxation, intensity of assignment, learning style on taxation accounting learning outcomes and learning motivation on the influence of understanding taxation on learning outcomes tax accounting, motivation to learn can strengthen or weaken the intensity of assignment to learning outcomes taxation accounting and motivation learning can strengthen or weaken the influence of learning styles on the learning outcomes of taxation accounting in accounting students at the economic faculty of Surabaya State University. This type of this study is quantitative study. Using purposive sampling technique. The 2015 and 2016 100 students of Accounting Education are chosen as respondents. The data is collected from questionnaires and documentation. The results of the study a) there is no influence of understanding taxation on the learning outcomes of tax accounting, proved to be Tstatistic at 1.319 b.) There is an intensity of assignment of assignments to the results of learning tax accounting, proven Tstatistic of 2,283 c.) There is no influence of learning sty1es on accounting learning outcomes taxation, because it is statistically 1,1460 d.) Learning motivation is not a moderating variable in understanding taxation and learning outcomes in taxation accounting Accounting Education Study Program students, because it is statistically 0.643 e.) Learning motivation is a moderating variable of the intensity of assignment with learning outcomes in tax accounting Accounting Education study program students, because it is worth 2,335 f.) Learning Motivation is a moderating variable of learning styles with learning outcomes with the interaction construct between learning styles and learning motivation has a value of 2,059.

 

Keywords: Comprehension, Intensity, Style, Motivation, Learning Result

Published
2019-08-21
How to Cite
ARISTIANTI, L., & LISTIADI, A. (2019). PENGARUH PEMAHAMAN PERPAJAKAN, INTENSITAS PEMBERIAN TUGAS DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PERPAJAKAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30446
Section
Article
Abstract Views: 1072
PDF Downloads: 1087