PENGARUH PENGUASAAN PENGANTAR AKUNTANSI, BAHASA INGGRIS DAN FASILITAS LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MYOB SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 LAMONGAN

  • TIARA FAJARWATI
  • AGUNG LISTIADI

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur dari kemampuan siswa dalam memahami materi, hasil belajar siswa dapat dilihat dari perolehan nilai. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa factor, diantaranya pengantar akuntansi, bahasa inggris dan fasilitas laboratorium. Tujuan penelitian ialah mengetahui seberapa pengaruh penguasaan pengantar akuntansi, bahasa inggris dan fasilitas laboratorium terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Lamongan. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi dalam penelitian ialah seluruh siswa kelas XI Akuntansi dan menggunakan teknik sampling jenuh dengan mengambil seluruh jumlah populasi. Metode pengumpulan data menggunakan tes, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian penguasaan pengantar akuntansi, bahasa inggris dan fasilitas laboratorium secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi MYOB. Dalam pengujian parsial 1) penguasaan pengantar akuntansi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi MYOB dengan signifikansi 0,00 dan t hitung 9,107. 2) bahasa inggris berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi MYOB dengan signifikansi 0,004 dan t hitung 3,022. 3) fasilitas laboratorium berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi MYOB dengan signifikansi 0,00 dan t hitung 4,035. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,734 menunjukkan bahwa penguasaan pengantar akuntansi, bahasa inggris dan fasilitas laboratorium berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi MYOB siswa sebesar 73,4%.

 

Kata Kunci: hasil belajar komputer akuntansi MYOB, pengantar akuntansi, bahasa inggris, fasilitas laboratorium

Published
2018-10-03
How to Cite
FAJARWATI, T., & LISTIADI, A. (2018). PENGARUH PENGUASAAN PENGANTAR AKUNTANSI, BAHASA INGGRIS DAN FASILITAS LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MYOB SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25694
Section
Article
Abstract Views: 664
PDF Downloads: 650