PENGARUH EFIKASI DIRI, REGULASI DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI BIAYA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Dalam pembelajaran akuntansi diharapkan siswa memperoleh hasil belajar yang tinggi dan baik.Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya efikasi diri, regulasi diri dan kebiasaan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, regulasi diri, dan kebiasaan belajar dapat meningkatkan hasil belajar terutama pada matakuliah akuntansi biaya mahasiwa program studi pendidikanakuntansi di Universitas Negeri Surabaya.Penelitian menggunakan metode ex post facto. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah mahasiswa Program studi pendidikan akuntansi 2015 A, 2015 B, 2014 A dan 2014 B dengan sampel 118 mahasiwa. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan interview.Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan berbantuan aplikasi SPSS versi 22.Berdasarkan analisa data, hasil uji t efikasi diri yaitu yaitu 0,5604> 0.05 , regulasi diri (0,00372 < 0,05), dan kebiasaan belajar (0,000 < 0,05) dan hasil uji F sebesar 29,5074 dengan nilai probabilitas (sig) = 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa efikasi diri, regulasi diri dan kebiasaan belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar akuntansi biaya mahasiwa Program studi Penddidikan Akuntansi UNESA. Sedangkan secara parsial efikasi diri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi biaya mahasiswa Program studi PendidikanAkuntansi Universitas Negeri Surabaya.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 415