PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) PADA MATA PELAJARAN PRODUK SYARIAH KELAS XII PERBANKAN SYARIAH SEMESTER I DI SMK NEGERI 2 MOJOKERTO
Abstract
Pendidikan adalah salah satu landasan yang dibutuhkan dalam suatu bangsa dan bernegara. Pendidikan memiliki peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam melaksanakan pendidikan di sekolah, diperlukan sebuah inovasi dalam pembelajaran untuk menunujang pengoptimalan penyampaian materi. Sehingga peneliti mengambil kesimpulan untuk mengembangkan buku ajar. Buku ajar ini diharapkan dapat mengurangi kebosanan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menganalisis respon siswa terhadap buku ajar berbasis inkuiri terbimbing untuk kelas XII semester 1 dwengan materi produk syariah. Penelitian ini menggunakian jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Desseminate). Subjekpenelitian yang digunakan berjumlah 20 siswa yang dipilih secara acak. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan buku ajar dilakukan dengan bantuan aplikasi CorelDraw X7; (2) Kelayakan Materi memperoleh nilai sebesar 85,4 % dengan kriteria Sangat Kuat, Kelayakan bahasa memperoleh nilai 91,4% dengan kriteria Saangat layak, dan kelayakan grafik memperoleh nilai sebesar 88,8% dengan kriteria Sangat Kuat ; (3) Respon siswa memperoleh nilai sebesar 83,5% dengan kriteria sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar berbasis inkuiri terbimbing pada materi produk syariah sangat layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Kata kunci: buku ajar, kelayakan materi, kelayakan bahasa, respon siswa
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 60