Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p101-108Keywords:
Powtoon, media pemebalajaran, pendekatan saintifikAbstract
Media memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran, sehingga pemilihan media harus didasarkan pada karakteristik materi dan peserta didik. Akan tetapi pada sekolah tempat penelitian, pemilihan media kurang sesuai dengan karakteristik dari peserta didik dan karakteristik materi bank sentral dan sistem pembayaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran powtoon berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan 4D dari Thiagarajan, meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Desain penelitian menggunakan One Grup Pretest-Posttest Design. Subjek uji coba penelitian merupakan peserta didik kelas X IPS 2 MAN Sidoarjo sebanyak 20 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan 1) lembar telaah dan validasi materi, media, dan bahasa, 2) angket respon peserta didik, 3) soal pretest dan posttest. Adapun dari hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) pengembangan media pembelajaran powtoon dinyatakan layak dengan perolehan persentase validasi materi 80%, validasi media 81,18%, dan validasi bahasa 94% sehingga media dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran, 2) hasil angket respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 95,5% sehingga media dinyatakan praktis digunakan sebagai media pembelajaran, 3) hasil belajar peserta didik memperoleh persentase ketuntasan sebesar 90%, hasil tersebut merupakan peningkatan daripada hasil pretest yang memiliki persentase ketuntasan sebesar 55% saja, sehingga media dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran powtoon berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran ekonomi dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.