Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Ekonomi

  • Maya Masitha Fardany Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Mustika Dewi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Powtoon, media pemebalajaran, pendekatan saintifik

Abstract

Media memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran, sehingga pemilihan media harus didasarkan pada karakteristik materi dan peserta didik. Akan tetapi pada sekolah tempat penelitian, pemilihan media kurang sesuai dengan karakteristik dari peserta didik dan karakteristik materi bank sentral dan sistem pembayaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran powtoon berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan 4D dari Thiagarajan, meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Desain penelitian menggunakan One Grup Pretest-Posttest Design. Subjek uji coba penelitian merupakan peserta didik kelas X IPS 2 MAN Sidoarjo sebanyak 20 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan 1) lembar telaah dan validasi materi, media, dan bahasa, 2) angket respon peserta didik, 3) soal pretest dan posttest. Adapun dari hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) pengembangan media pembelajaran powtoon dinyatakan layak dengan perolehan persentase validasi materi 80%, validasi media 81,18%, dan validasi bahasa 94% sehingga media dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran, 2) hasil angket respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 95,5% sehingga media dinyatakan praktis digunakan sebagai media pembelajaran, 3) hasil belajar peserta didik memperoleh persentase ketuntasan sebesar 90%, hasil tersebut merupakan peningkatan daripada hasil pretest yang memiliki persentase ketuntasan sebesar 55% saja, sehingga media dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran powtoon berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran ekonomi dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

References

Andrianti, Yeni, L.R. Retno Susanti, dan Hudaidah. 2016. “Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual pada Pembelajaran Sejarah.” Jurnal Criksetra 5(9): 58–68.

Ariyanto, Rio, Sri Kantun, dan Sukidin Sukidin. 2018. “Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia.” Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial 12(1): 122–27.

Arnold, Raffaello Bryan. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjualan di SMK Ketintang Surabaya.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 06(04): 145–50.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ernalida et al. 2018. “Powtoon: Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi sebagai Upaya dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif.” Jurnal Logat 5(2): 132–37.

Mamin, Ratnawaty, Rifda Nur, dan Hikmahwati Arif. “Efektivitas media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar mahasiswa pada Matakuliah IPA Sekolah.” : 348–52.

Mayer, Richard E., dan Roxana Moreno. 2002. “Animation as an aid to multimedia learning.” Educational Psychology Review 14(1): 87–99.

Mulyasa, E. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir. 2012. 58 Antimicrobial agents and chemotherapy Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Pangestu, Marta Dwi, dan Achmad Ali Wafa. 2018. “Pengembangan multimedia interaktif powtoon pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan moneter untuk siswa kelas xi ips di sma negeri 1 singosari.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 11(1): 71–79.

Ponza, Putu Jerry Radita, I Nyoman Jampel, dan I Komang Sudarma. 2018. “Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar.” Jurnal Edutech Undiksha 6(1): 9–19.

Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, dan Harjito. 2014. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, Mafita, dan Suci Rohayati. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Sebagai Bahan Pengamatan Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik Pembelajaran Dasar-Dasar Perbankan.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 5(1): 1–7.

Susilana, Rudi, dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Syifaunnur, Hafidh. 2015. “Pengembangan Dan Analisis Kelayakan Multimedia Interaktif ‘ Smart Chemist ’ Berbasis Intertekstual Sebagai Media Pembelajaran Kimia SMA.”

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Published
2020-09-03
How to Cite
Fardany, M., & Dewi, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 101-108. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p101-108
Section
Articles
Abstract Views: 2551
PDF Downloads: 1526