Pengembangan Media E-Book Interaktif Pada Sub Materi Permintaan, Penawaran, dan Harga Keseimbangan
DOI:
https://doi.org/10.26740/jupe.v9n1.p1-7Keywords:
Media E-Book Interaktif, kelayakan media, hasil belajarAbstract
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran E-book Interaktif Pada Mata Pelajaran Permintaan, Penawaran, dan Harga Keseimbangan. Objek dalam penelitian yaitu 20 peserta didik kelas X IIS SMA ISLAM AL-MIZAN SURABAYA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan R&D oleh Sugiono. Jenis data yang diolah yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa kelayakan media memperoleh persentase sebesar 86,4% dengan kategori sangat layak yang terdiri dari kelayakan ahli materi sebesar 91,3%, ahli media sebesar 89,3%, ahli bahasa sebesar 80%, dan ahli grafis sebesar 85%. Dari hasil belajar peserta didik diperoleh peningkatan yang dikategorikan tinggi, data uji pretest rata-rata peserta didik memperoleh nilai 45 sedangkan pada uji posttest rata-rata peserta didik memperoleh nilai 81. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media E-Book Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada sub materi permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.