Pengembangan Media E-Book Interaktif Pada Sub Materi Permintaan, Penawaran, dan Harga Keseimbangan

  • Rio Agatha Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Mustika Dewi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Media E-Book Interaktif, kelayakan media, hasil belajar

Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran E-book Interaktif Pada Mata Pelajaran Permintaan, Penawaran, dan Harga Keseimbangan. Objek dalam penelitian yaitu 20 peserta didik kelas X IIS SMA ISLAM AL-MIZAN SURABAYA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan R&D oleh Sugiono. Jenis data yang diolah yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil  penelitian diperoleh data bahwa kelayakan media memperoleh persentase sebesar 86,4% dengan kategori sangat layak yang terdiri dari kelayakan ahli materi sebesar 91,3%, ahli media sebesar 89,3%, ahli bahasa sebesar 80%, dan ahli grafis sebesar 85%. Dari hasil belajar peserta didik diperoleh peningkatan yang dikategorikan tinggi, data uji pretest rata-rata peserta didik memperoleh nilai 45 sedangkan pada uji posttest rata-rata peserta didik memperoleh nilai 81. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media  E-Book  Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada sub materi permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan.

References

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran.

Alwan,Muhammad. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK 3D BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA GUNA MENDUKUNG PEMBELAJARAN JARAK JAUH.

Atmawarni. (2011). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF GUNA MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG INOVATIF DI SEKOLAH, 4(April 2011), 20–27.

Dewantara,Arya Nugraha. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK INTERAKTIF BILINGUAL PADA MATERI POKOK KALOR UNTUK SMA KELAS X

Lee, T. T., & Osman, K. (2011). EFFECTIVENESS OF INTERACTIVE MULTIMEDIA MODULE WITH PEDAGOGICAL AGENT ( IMMPA ) IN THE LEARNING OF ELECTROCHEMISTRY : A PRELIMINARY INVESTIGATION, 12(2), 1–24.

Naimatil,Jannah. (2017). PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS FENOMENA KEHIDUPAN SEHARI-HARI TENTANG PEMISAHAN CAMPURAN.

Muller, D. A. (2008). Designing Effective Multimedia for Physics Education.

Riduwan. (2012). Rumus dan Dalam Aplikasi Statistika.

Rini, S., Mulyono, H., & Yusran. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF E-BOOK UNTUK MATA PELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL DI SMKN N 6 KOTA PADANG.

Sadiman, A. S. (2012). Media Pendidikan (pengertian, pengembangan, dan pemanfaatan).

Sudjana, N. (2013). Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algensindo.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu.
Published
2020-09-24
How to Cite
Putra, R., & Dewi, R. (2020). Pengembangan Media E-Book Interaktif Pada Sub Materi Permintaan, Penawaran, dan Harga Keseimbangan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(1), 1-7. https://doi.org/10.26740/jupe.v9n1.p1-7
Section
Articles
Abstract Views: 1313
PDF Downloads: 1103