Pengembangan Media E-Book Interaktif Pada Sub Materi Permintaan, Penawaran, dan Harga Keseimbangan
Abstract
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran E-book Interaktif Pada Mata Pelajaran Permintaan, Penawaran, dan Harga Keseimbangan. Objek dalam penelitian yaitu 20 peserta didik kelas X IIS SMA ISLAM AL-MIZAN SURABAYA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan R&D oleh Sugiono. Jenis data yang diolah yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa kelayakan media memperoleh persentase sebesar 86,4% dengan kategori sangat layak yang terdiri dari kelayakan ahli materi sebesar 91,3%, ahli media sebesar 89,3%, ahli bahasa sebesar 80%, dan ahli grafis sebesar 85%. Dari hasil belajar peserta didik diperoleh peningkatan yang dikategorikan tinggi, data uji pretest rata-rata peserta didik memperoleh nilai 45 sedangkan pada uji posttest rata-rata peserta didik memperoleh nilai 81. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media E-Book Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada sub materi permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan.
References
Alwan,Muhammad. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK 3D BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA GUNA MENDUKUNG PEMBELAJARAN JARAK JAUH.
Atmawarni. (2011). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF GUNA MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG INOVATIF DI SEKOLAH, 4(April 2011), 20–27.
Dewantara,Arya Nugraha. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK INTERAKTIF BILINGUAL PADA MATERI POKOK KALOR UNTUK SMA KELAS X
Lee, T. T., & Osman, K. (2011). EFFECTIVENESS OF INTERACTIVE MULTIMEDIA MODULE WITH PEDAGOGICAL AGENT ( IMMPA ) IN THE LEARNING OF ELECTROCHEMISTRY : A PRELIMINARY INVESTIGATION, 12(2), 1–24.
Naimatil,Jannah. (2017). PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS FENOMENA KEHIDUPAN SEHARI-HARI TENTANG PEMISAHAN CAMPURAN.
Muller, D. A. (2008). Designing Effective Multimedia for Physics Education.
Riduwan. (2012). Rumus dan Dalam Aplikasi Statistika.
Rini, S., Mulyono, H., & Yusran. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF E-BOOK UNTUK MATA PELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL DI SMKN N 6 KOTA PADANG.
Sadiman, A. S. (2012). Media Pendidikan (pengertian, pengembangan, dan pemanfaatan).
Sudjana, N. (2013). Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algensindo.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu.
Copyright (c) 2022 Rio Agatha Putra, Retno Mustika Dewi (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 1103