Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Authors

  • Anik Mauliana Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Mustika Dewi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jupe.v9n1.p15-19

Keywords:

PBL, Problem Based Learning, Minat Belajar Siswa, Penelitian R&D

Abstract

Prestasi peserta didik dapat ditingkatkan dengan adanya media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1. Mengetahui kelayakan media pembelajaran LKPD berbasis Problem Basic Learning (PBL).2.Mengetahui Respon siswa terhadap media pembelajaran LKPD 3. Mengetahui keterampilan berpikir kritis. Metode Pembelajaran berbasis masalah dapat membuat siswa untuk mandiri dalam menyelesaikan sebuah studi permasalahan. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Berdasarkan hasil penelitian, dari 32 siswa diperoleh hasil analisis data dan pembahasan terhadap media pembelajaran LKPD, aspek kelayakan isi memperoleh presentase 100%. Aspek penyajian diperoleh presentase 85,94% jadi keseluruhan mendapat 92,97% sehingga dinyatakan sangat layak dan untuk tes kemampuan berfikir kritis memperoleh jumlah keseluruhan skor rata-rata sebesar 84,06 sehingga masuk pada kategori Kritis Sekali. Bahasa yang digunakan dalam LKPD yang dikembangkan dirasa kurang menarik serta sulit dipahami, akan tetapi dapat diperbaiki dengan mengganti bahasa yang lebih mudah dipahami

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Abdul Sani, Ridwan. 2016. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan: Research dan Development. Bandung: Alfabeta

Wijayanti, D., Saputro, S., & Nurhayati, N. D. 2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Pengembangan Media Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Hierarki Konsep Untuk Pembelajaran Kimia Kelas X Pokok Bahasa Pereaksi Pembatas, Vol 2 No 4. 15-22.

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-12-21

How to Cite

Mauliana, A., & Dewi, R. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(1), 15–19. https://doi.org/10.26740/jupe.v9n1.p15-19

Issue

Section

Articles
Abstract views: 645 , PDF Downloads: 354

Most read articles by the same author(s)