Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi

  • Anik Mauliana Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Mustika Dewi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: PBL, Problem Based Learning, Minat Belajar Siswa, Penelitian R&D

Abstract

Prestasi peserta didik dapat ditingkatkan dengan adanya media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1. Mengetahui kelayakan media pembelajaran LKPD berbasis Problem Basic Learning (PBL).2.Mengetahui Respon siswa terhadap media pembelajaran LKPD 3. Mengetahui keterampilan berpikir kritis. Metode Pembelajaran berbasis masalah dapat membuat siswa untuk mandiri dalam menyelesaikan sebuah studi permasalahan. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Berdasarkan hasil penelitian, dari 32 siswa diperoleh hasil analisis data dan pembahasan terhadap media pembelajaran LKPD, aspek kelayakan isi memperoleh presentase 100%. Aspek penyajian diperoleh presentase 85,94% jadi keseluruhan mendapat 92,97% sehingga dinyatakan sangat layak dan untuk tes kemampuan berfikir kritis memperoleh jumlah keseluruhan skor rata-rata sebesar 84,06 sehingga masuk pada kategori Kritis Sekali. Bahasa yang digunakan dalam LKPD yang dikembangkan dirasa kurang menarik serta sulit dipahami, akan tetapi dapat diperbaiki dengan mengganti bahasa yang lebih mudah dipahami

References

Abdul Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Abdul Sani, Ridwan. 2016. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan: Research dan Development. Bandung: Alfabeta
Wijayanti, D., Saputro, S., & Nurhayati, N. D. 2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Pengembangan Media Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Hierarki Konsep Untuk Pembelajaran Kimia Kelas X Pokok Bahasa Pereaksi Pembatas, Vol 2 No 4. 15-22.
Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Published
2020-12-21
How to Cite
Mauliana, A., & Dewi, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(1), 15-19. https://doi.org/10.26740/jupe.v9n1.p15-19
Section
Articles
Abstract Views: 626
PDF Downloads: 337