Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi
Abstract
Prestasi peserta didik dapat ditingkatkan dengan adanya media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1. Mengetahui kelayakan media pembelajaran LKPD berbasis Problem Basic Learning (PBL).2.Mengetahui Respon siswa terhadap media pembelajaran LKPD 3. Mengetahui keterampilan berpikir kritis. Metode Pembelajaran berbasis masalah dapat membuat siswa untuk mandiri dalam menyelesaikan sebuah studi permasalahan. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Berdasarkan hasil penelitian, dari 32 siswa diperoleh hasil analisis data dan pembahasan terhadap media pembelajaran LKPD, aspek kelayakan isi memperoleh presentase 100%. Aspek penyajian diperoleh presentase 85,94% jadi keseluruhan mendapat 92,97% sehingga dinyatakan sangat layak dan untuk tes kemampuan berfikir kritis memperoleh jumlah keseluruhan skor rata-rata sebesar 84,06 sehingga masuk pada kategori Kritis Sekali. Bahasa yang digunakan dalam LKPD yang dikembangkan dirasa kurang menarik serta sulit dipahami, akan tetapi dapat diperbaiki dengan mengganti bahasa yang lebih mudah dipahami
References
Abdul Sani, Ridwan. 2016. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan: Research dan Development. Bandung: Alfabeta
Wijayanti, D., Saputro, S., & Nurhayati, N. D. 2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Pengembangan Media Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Hierarki Konsep Untuk Pembelajaran Kimia Kelas X Pokok Bahasa Pereaksi Pembatas, Vol 2 No 4. 15-22.
Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2022 Anik Mauliana, Retno Mustika Dewi (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 337