Penerapan Model Pembelajaran Group Invetigation di Sekolah Menengah Atas dalam Lima Tahun Terakhir (2015-2020): Studi Literatur Pada Mata Pelajaran Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.26740/jupe.v9n1.p8-14Keywords:
Group Investigation, hasil belajar, Ekonomi, SMAAbstract
Rendahnya hasil belajar merupakan suatu masalah yang dihadapi siswa sekolah menengah atas khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari studi literatur ini adalah untuk menganalisis penerapan group investigation sebagai suatu inovasi model pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Studi literatur ini diperoleh dari penulusuran artikel penelitian ilmiah rentang tahun 2015-2020 dengan menggunakan google schoolar. Dari berbagai literatur tentang penerapan model group investigation di tingkat SMA pada pelajaran ekonomi terdapat 9 artikel yang telah diberi identification, screening, eliglibility yang relevan dengan tujuan penelitian. Hasil studi literatur menyimpulkan bahwa model pembelajaran group invetigation pada mata pelajaran ekonomi berdampak positif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan siswa yang menggunakan metode group investigation mengalami peningkatan hasil belajar atau mendapatkan peningkatan yang baik saat proses pembelajaran siklus ke dua maupun ketiga
Downloads
References
Adiasti, et al. (2016). The implimentation of inquiry learning with setting cooperative model type group investigation to enchance activity and learning outcomes for the fifth grade students. Journal of Research &Method in Education (IOSR-JRME). Vol.6. Issue 3. PP 46-50.
Agustina, Y. (2018). Meningkatkan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran group investigation (gi) pada siswa kelas x di sma negeri 1 jeumpa. Jurnal Sain Ekonomi Dan Edukasi (JSEE), 5(1).
Aminah dan Salihati. (2012). Peningkatan proses dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Jurnal Lentera Vol. 12, No. 4.
Astuti, Y. T., & Haryono, A. (2017). ). Implementasi Metode Brainstorming dalam Model Group Investigation pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 3 SMAN 1 Batu. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 96-103.
Fatmawati, E. H. (2019). Peningkatan pemahaman pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi menggunakan pembelajaran kooperatif model group investigation (gi) pada siswa kelas x ips-4 sma negeri 6 kediri semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. LENTERA: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 9(4), 37-46.
Haibah, M. (2016). tasi model pembelajaran group investigation dengan permainan bendera pintar untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep ekonomi siswa kelas x ipa 3 sman 1 jetis bantul tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(6), 457-463.
Idrawati, I. (2018). Pembelajaran group investigasi meningkatkan hasil belajar siswa. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 17-26.
Novitasari, R. (2017). Penerapan metode pembelajaran group investigation dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di sma oikonomia. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1).
Priyono, S. (2017). Peningkatan hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model pembelajaran group investigation di kelas xi ma al fattah sumbermulyo. . . Utility, 1(1), 1-10.
Rahayuni, K. M. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ips siswa kelas viii di smp negeri 3 singaraja tahun pelajaran 2015/2016. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2).
Sangadji, S. (2016). Implementation of cooperative learning with group investigation model to improve learning Achievement of vocational school students in Indonesia. International Journal of Learning & Development, 6(1), 91-103.
Sugihartono. (2012). Psikologi pendidikan. Yogyakarta?: UNY Press.
Tisara, M. S. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi materi permasalahan ekonomi melalui pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi) pada kelas x-6 sma negeri 1. Seuneubok Lada, 3(2), 40-54.
Trianto, M. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. jakarta: Kencana.
Umantin, C. (2017). Aplikasi problem based learning dan group investigation dalam pembelajaran ekonomi di man malang. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 135-146.
Wena, M. (2012). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. jakarta?: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.