STRATEGI SEKOLAH DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN DI SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n1.p109-118Keywords:
School Strategy, Violence Prevention, Violent Management, Management Strategy RemoveAbstract
Meningkatnya kasus kekerasan di lingkungan pendidikan membuat para pendidik, orang tua dan masyarakat khawatir. Pemberlakuan Permendikbudristek No. 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merupakan payung atau peraturan hukum terbaru dalam mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi sekolah yang diterapkan dalam pencegahan dan penanganan kekerasan. Lokasi penelitian adalah SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan desain penelitian fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi peserta dan wawancara mendalam dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kemahasiswaan dan Koordinator Bimbingan Konseling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pendekatan yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Pendekatan ini menyangkut pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi sekolah dalam penanganan kekerasan dikategorikan menjadi tiga, yaitu kekerasan kategori ringan dengan memberikan peringatan kepada pelaku, kategori sedang melalui skorsing dan bimbingan khusus, dan kategori berat mendapatkan status siswa dicabut. Strategi pencegahan kekerasan yang dilakukan di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo meliputi penguatan anti kekerasan melalui pendekatan keagamaan, mendekati orang tua, dan mengadakan kegiatan lomba dengan tema anti kekerasan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu sekolah dalam mengembangkan strategi pencegahan dan penanganan kekerasan agar lebih optimal dan menghilangkan tindakan kekerasan di sekolah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 198
,
PDF Downloads: 452


