STRATEGI SEKOLAH DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN DI SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN SIDOARJO

Penulis

  • Selfiana Isminadzila Universitas Negeri Surabaya
  • Iman Pasu Marganda Hadiarto Purba Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n1.p109-118

Kata Kunci:

Strategi Sekolah, Pencegahan Kekerasan, Penanganan Kekerasan, Manajemen Strategi

Abstrak

Maraknya kasus kekerasan di lingkungan pendidikan membuat pendidik, orang tua dan masyarakat khawatir. Ditetapkannya Permendikbudristek No. 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) merupakan sebuah payung hukum atau regulasi terbaru dalam mengatasi permasalahan ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi sekolah yang diterapkan dalam pencegahan dan penanganan kekerasan. Lokasi penelitian adalah SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan teori Manajemen Strategi oleh Fred R. David yang membahas pelaksanaan strategi mencakup tiga hal yakni Perumusan, Implementasi dan Evaluasi Strategi. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan desain penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan dan wawancara mendalam kepada Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan dan Koordinator Bimbingan Konseling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pendekatan yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Pendekatan ini menyangkut pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi sekolah dalam penanganan kekerasan dikategorikan menjadi tiga yakni kekerasan kategori ringan dengan memberikan peringatan kepada pelaku, kategori sedang melalui pemberian skorsing dan melakukan bimbingan khusus, serta kategori berat mendapatkan pencabutan status siswa. Strategi pencegahan kekerasan yang dilakukan di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo meliputi penguatan anti kekerasan melalui pendekatan keagamaan, melakukan pendekatan orang tua, dan mengadakan kegiatan lomba dengan tema anti kekerasan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu sekolah dalam mengembangkan strategi untuk mencegah dan menangani kekerasan agar dapat lebih optimal dan menghapus tindakan kekerasan di sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-18

Cara Mengutip

Isminadzila, S., & Purba, I. P. M. H. (2024). STRATEGI SEKOLAH DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN DI SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 12(1), 109–118. https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n1.p109-118
Abstract views: 198 , PDF Downloads: 452