STRATEGI SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA YANG MELAKUKAN KERJA SAMPINGAN DI JURUSAN PMP-KN, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM, UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n4.p265-281Abstrak
ABSTRAKSelf Regulated Learning merupakan salah satu teori belajar yang konstruktif yang menganut visi siswa ideal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi self regulated learning mahasiswa jurusan PMP-KN, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya yang melakukan kerja sampingan dan menganalisis hasil belajar dalam bentuk Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa yang melakukan kerja sampingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi yang dilaksanakan di Jurusan PMP-KN, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya. Data yang telah diproses kemudian ditarik kesimpulan dengan menggunakan metode reduksi yakni merangkum, memilih hal-hal pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting agar diperoleh kesimpulan yang objektif. Data diperoleh dari observasi, dan wawancara mendalam kepada 6 informan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa self regulated learning mempengaruhi kegiatan mahasiswa anatara bekerja dan belajar karena setiap mahasiswa mempunyai strategi yang berbeda dalam melakukan kerja dengan kuliah. (1). Jenis pekerjaan yang ditekuni mahasiswa sesuai dengan kebutuhannya. (2). Guru bimbingan belajar menjadi salah satu bentuk kerja sampingan yang tidak menghambat perkuliahan, begitu juga dengan tl bus karena waktu yang tidak terlalu terporsir. (3). Cara pendang mahasiswa pada sebuah pekerjaan dan sadar bahwa tugas utama mereka adalah belajar, sehingga memandang pekerjaan hanya sebagai pelengkap saja. (4). Tidak terlalu berargumentasi dan berandai-andai, maksudnya adalah sebagai insan terdidik sebaiknya mahasiswa bisa merencanakan dengan baik dan bisa berpikir panjang dengan keputusan yang akan diambilnya. Hasil yang memuaskan yaitu berada pada pemilihan jenis pekerjaan guru dan team leader bus dengan IPK diatas 3 dibandingkan dengan mereka yang lebih memilih jenis pekerjaan yang lain seperti pekerja kontrak dan sales promotion dengan IPK rata-rata 2 dibawah 3.
Kata Kunci : Strategi, Self Regulated Learning, Kerja.
ABSTRACT
Self Regulated Learning is a one constructive learning theory which adhere the vision of an ideal student. A Student has to be able to manage himself..This study uses a qualitative descriptive approach by designing phenomenology study conducted at the Civic Education Departement, Faculty of Socialand Legal, Surabaya State University. The data have been processed then be deduced by using the reduction method that encapsulates, choose the subject matter, focusing on the things that are important in order to obtain an objective conclusion. Data obtained from observation and depth interviews with six informants research. Based on this research, it is known that self-regulated learning affect student activities anatara work and learning for every student has a different strategy in doing work with the college. (1). Kind of Job they choose, how the student can choose jobs wisely that match their needs. According to research, the suitable job is teacher and the leader of the bus according to informans studied; (2). Student perspective, how the student regard to the job and aware that their main duty is studying, so considering occupation as only as complementary; (3). Not too much argueing and wishing. It means that as an educated man they should be able to plan well and think deeply with the decisions they take; (4). The suitable strategy is used, that they more concern to study and consider job during study is only as the implementation of knowledge they obtained. Satisfactory results which are in the selection of the work of teachers and bus team leader with a cumulative performance index above 3 than those who prefer other types of work such as contract workers and sales promotion with an average cumulative performance index 2 below 3 .
Keywords:University Students, Strategies, Self-Regulated Learning, Job.
Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2016-01-28
Cara Mengutip
Ardiansyah, M. A., & Harmanto, H. (2016). STRATEGI SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA YANG MELAKUKAN KERJA SAMPINGAN DI JURUSAN PMP-KN, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM, UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(1), 265–281. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n4.p265-281
Terbitan
Bagian
Articles

