Strategi Orang Tua dalam Mendidik Karakter Anak di Desa Bogorejo Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n1.p%25pAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan secara mendalam strategi yang dilakukan oleh orang tua dalam mendidik karakter pada anak di Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi orang tua dalam mendidik karakter gemar membaca, sopan santun, dan religius adalah dengan keteladanan dan repeat power. Selain itu juga terdapat hambatan dalam mendidik karakter gemar membaca, sopan santun, dan religius, setiap penanaman nilai karakter memiliki hambatan yang berbeda-beda, dan juga beda strategi yang digunakan oleh orang tua berbeda pula hambatan yang terjadi. Hambatan pada karakter religus jika menggunakan srategi repeat power maka anak sering mengabaikan, untuk karakter sopan santun hambatan yang sering dialami orang tua adalah jika tidak memberi teladan kepada anak maka anak mengabaikan, berbeda dengan karakter gemar membaca dari hasil wawancara banyak orang tua yang tidak peduli dengan prestasi anaknya. Terlepas dari strategi yang digunakan orang tua dalam mendidik karakter anak, pendidikan orang tua juga mempengaruhi cara dan pengetahuan orang tua mendidik anak. Orang tua yang berpendidikan rendah cenderung lebih mementingkan pekerjaan daripada mendidik karakter anak. seperti yang diungkapkan oleh beberapa informan bahwa jarang sekali orang tua memperhatikan perilaku dan tumbuh kembang anak, karena orang tua sibuk dengan pekerjaannya.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

