Strategi Sekolah Dalam Menanamkan Nilai Menjunjung Tinggi Perdamaian Pada Peserta Didik Di MTs Negeri 11 Jombang

Strategi Menanamkan Nilai Menjunjung Tinggi Perdamaian

Penulis

  • Cindi Candra Andari Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Suwanda Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n1.p180-195

Abstrak

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi sekolah dan kendala dalam menanamkan nilai menjunjung tinggi perdamaian pada peserta didik di MTs Negeri 11 Jombang. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Data diperoleh dengan teknik observasi dan wawancara terstruktur. Informan penelitian ini adalah Kepala MTs Negeri 11 Jombang, Waka Kurikulum,Waka Kesiswaan, Guru PPKn, Guru Bimbingan Konseling, Guru Agama. Informan dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan strategi sekolah dalam menanamkan nilai menjunjung tinggi perdamaian pada peserta didik di MTs Negeri 11 Jombang terdapat lima hal, yakni: (1) pembiasaan ketertiban sekolah berupa memaksimalkan peserta didik untuk mematuhi tata tertib sekolah, (2) memberikan contoh nyata, berupa mendidik dan memberikan tauldan yang baik pada peserta didik, (3) pengetahuan akhlak islami berupa pembelajaran dan menerapkan nilai akhlak islami dalam mata pelajaran agama, (4) pembisaan kerja sama antar peserta didik berupamelakukan kegiatan yang bernuansa kebersamaan sehingga dapat melatih peserta didik untuk menerima dan menghargai perbedaan, dan (5) memanggil orang tua ke sekolah berupa kerja sama orang tua dalam mendidik anaknya. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori pendidikan karakter yang dikemukakan Thomas Lickona yaitu terdapat tiga unsur pokok dalam pendidikan karakter yakni : mengetahui kebaikan, mencintai kebaikan, dan melakukan kebaikan. Strategi sekolah dalam menanamkan nilai menjunjung tinggi perdamaian pada peserta didik di MTs Negeri 11 Jombang sesuai dengan teori pendidikan karakter yang diungkapkan oleh Thomas Lickona dalam membangun karakter peserta didik yang memiliki nilai perdamaian.
Kata Kunci: strategi, sekolah, perdamaian.
Abstract
This study aims to describe school strategies and constraints in instilling the value of upholding peace in students in MTs Negeri 11 Jombang. The approach in this study is qualitative approach with descriptive design. The data is obtained by observation techniques and structured interviews. The informants of this research are the Head of State MTs 11 Jombang, Waka Kurikulum, Waka Student, PPKn Teacher, Counseling Guidance Teacher, Religious Teacher. Informants in this study were determined using purposive sampling techniques. The results of the research showed the school's strategy in instilling the value of upholding peace in students in MTs Negeri 11 Jombang there are five things, namely: (1) habituation of school order in the form of maximizing students to comply with school discipline, (2) providing a concrete example, in the form of educating and giving good tauldan to students, (3) knowledge of Islamic morality in the form of learning and applying Islamic moral values in religious subjects , (4) the justification of cooperation between learners in the form of conducting activities with nuanced togetherness so as to train learners to accept and appreciate differences, and (5) calling parents to school in the form of parental cooperation in educating their children. This research was analyzed using the theory of character education put forward by Thomas Lickona, namely there are three main elements in character education, namely: knowing goodness, loving good, and doing good. The school's strategy in instilling the value of upholding peace in students in MTs Negeri 11 Jombang in accordance with the theory of character education expressed by Thomas Lickona in building the character of students who have the value of peace.
Keywords: strategy, school, peace.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Zainal dkk. 2019. Pembangunan Pendidikan Perdamaian dari Sekolah Pendekatan Gerakan Sosial. Suhuf - Vol. 31 No. 2. Hal. 2

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta. Hal. 229

Budiarti, Tirsa. 2018. Model- model Pendidikan Perdamaian Bagi Anak dalam Konteks Gereja. Jurnal Jaffray - Vol 16 no 1. Maret 18, 2018. Hal. 55-76

Creswell, John .W. 2009.Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal 58

Dalmeri.2014.Pendidikan untuk Pengembangan Karakter .Jakarta:Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Vol 14 No 1 Juni 2014 ISSN 1412-0534. Hal. 269-288

Darmawan.2019.Pendidikan Perdamaian dengan 12 nilai dasar perdamaian. Sekolah Tinggi Teologi Simpson. Jurnal Teologi. Vol 2 No.01 Juni 2019. Hal. 55-71

Departemen Pendidikan Indonesia.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamal,M.2016. Fenomena Kekerasan di Sekolah.Yogyakarta:Pustaka Belajar. Hal. 3-6

Feriyanto. 2018. Nilai-nilai Perdamaian pada Masyarakat Multikultural. Hanifiyah.Jurnal Studi Agama-Agama. Vol. 1 no. 1. Hal. 20-28

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nurwanto, dkk. (2020). Penyemaian Sikap Hidup Damai di Sekolah Tinjauan Pendidikan Perdamaian dan Multi-dimensi Kurikulum.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Vol. 10 No. 01 Januari 2020, 1-11

Moleong. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya. Hal. 90

Munadlir, Agus. 2016. Strategi Sekolah dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol 2 No.2. Hal. 115-130

Radha, Lodovikus. 2016. Strategi Sekolah dalam Menanamkan Sikap Kedisiplinan Siswa di SMPK Angelus Custos II Surabaya. Kajian Moral Kewarganegaraan. Vol. 03 No. 04. Hal. 1855-1869

Stephanie, K Marrus. 2002. Building The Strategic Plan: Find Analyze, And Present The Right Information. Wiley. USA: 2002. Hal. 31

Salim Dan Syahrum.2012.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group. Santum, Age. Hal. 32

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta. Hal. 246

Supinah dan Ismu Tri Parmi.2011.Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.Jakarta : Badan Pengembangan Sumber daya manusia pendidikan dan penjaminan mutu pendidikan. Hal. 104

Tirtarahardja, Umar, & Sulo, S, L, La. 2010.Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Hal. 1

Umar, Mardan. 2017. Internalisasi Nilai Kedamaian Melalui Pendidikan Kedamaian Sebagai Penguatan Prambangunan Karakter pada Masyarakat Heterogen. Sekolah Pasca Sarjana (SPS) Universitas Pendidikan Indonesia. Hal. 77-95

Windhu, I Marsana. 1992. Kekuasaan dan Kekerasan Menurut Johan Galtung.Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Wulandari dan Kristiawan. 2017. Strategi Sekolah dalam Penguatan pendidikan Karakter bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Universitas PGRI Palembang Vol. 2 No. 2. Hal. 290-303

Wulandari,Taat. 2010. Menciptakan Perdamaian Melalui Pendidikan Perdamaian di Sekolah. Mozaik. Vol 5 no 1. Hal. 68-83

Zamroni, Elmubarok. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Alfabeta. Bandung. Hal. 47

Diterbitkan

2021-08-22

Cara Mengutip

Andari, C. C., & Suwanda, I. M. (2021). Strategi Sekolah Dalam Menanamkan Nilai Menjunjung Tinggi Perdamaian Pada Peserta Didik Di MTs Negeri 11 Jombang: Strategi Menanamkan Nilai Menjunjung Tinggi Perdamaian. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(1), 180–195. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n1.p180-195
Abstract views: 256 , PDF Downloads: 263