PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n4.p844-851Kata Kunci:
Media Pembelajaran Berbasis Elektronik, Pemanfaatan Aplikasi CanvaAbstrak
Dalam pembelajaran Pedidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mayoritas Guru menyampaikan materi pelajaran hanya berpedoman program sibulus, RPP sesuai dengan kurikulum dibantu buku paket dan buku LKS. Akan tetapi, Guru tidak mengunakan media pembelajaran visual sehingga suasana belajar kurang menarik, membosankan, dan materi pelajaran sulit dipahami. Guru diharuskan mempunyai kemampuan dan kompetensi dalam menciptakan media pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif. Aplikasi canva adalah salah satu aplikasi pendukung dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis elektronik. Aplikasi canva bisa dimanfaatkan untuk mendesain media pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Canva tidak hanya cocok untuk presentasi slide, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat poster, infografis, kartu sumber belajar, dan sebagainya. Dengan beragam opsi ini, Guru dapat menyajikan materi dengan cara yang lebih beragam dan menarik. Metode penelitian yang diambil adalah penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas, persepsi, pemikiran orang secara individu, maupun kelompok. Penelitian kualitatif yaitu permasalahan yang muncul dari data dibiarkan terbuka oleh peneleti. Subjek penelitian ini dilaksanakan di SMP Nusantara Plus kota Tangerang Selatan. Instrumen penelitian ini menggunakan wawancara. Dengan hasil penelitian bahwa Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Nusantara Plus kota Tangerang Selatan setuju dengan adanya media pembelajaran berbasis elektronik, seperti aplikasi canva membantu Guru dalam mendesain media pembelajaran yang efektif guna meningkatkan minat belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Peserta Didik SMP Nusantara Plus kota Tangerang Selatan. Adapun dalam pemanfaatan aplikasi canva ini untuk respon dari Peserta Didik kelas VII.2 SMP Nusantara Plus kota Tangerang Selatan bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis elektronik menarik minat dan rasa ingin tahu mereka.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. 2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara
Arsyad, A. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: PT. Raja grafindo Persada
Daradjat, Z. 1995. Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S. B., & Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gafur, A. 2012. Desain pembelajaran: Konsep, model, dan aplikasinya dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Hardani, S., et al. 2022. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu
Miarso, Y. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rohman, S. 2019. Guru Dahsyat Menulis. Jakarta:Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Wijaya, H & Haleluddin. 2019. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Jakarta:Sekolah Tinggi Theologia Jaffray
Hariyanto. 2021. Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di SMK Citra Bangsa. Skripsi. Pamulang:Universitas Pamulang
Rachmawati.WA, 2016. Penggunaan Media Film Documenter Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran Proklamasi Dan Konstitusi. Skripsi. Bandung:Universitas Pendidikan indonesia
Alfian, A.N, at al. 2022. Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBJ. Vol.5 No.1.
Arsyad Abd. Gani. 2019. Interaksi Antara Pemanfaatan Media Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu. Civicus: Pendidikan-Penelitian Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol.6 No.2.
Azhar. A, & Achmad D. 2019. Penerapan Nilai-Nilai Moral Dan Karakter Dalam PPKn Di SMP Darul Hikmah Mataram. Civicus: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol.6 No.1.
Deddy S, Lilis S, & Yasmin S. A. 2022. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru SMP Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan. Vol.6 No.3.
Hapsari, G.P.P, & Zulherman, et al. 2021. Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Civicus: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol.5 No.4.
Hari, W. N, Suyahman, & Meidawati S. 2019. Peranan Mata Pelajaran PPKn Dalam Rangka Menumbuhkan Nilai Karakter Religius Siswa Kelas IV di SDN 3 Wuryorejo. Civics Education And Social Science Journal. Vol.1 No.1.
Miftah.M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Civicus: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol 1 No.2 Hal. 96-97.
Monoarfa, M, & Haling. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Proceeding. Penguatan Riset,Inovasi, dan Kreativitas Di Era Pandemi Covid -19. Gowa.
Nurhayati,at al. 2022. Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Civicus: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol 6 No.1.
Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Civicus: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol 03 No.01 hal 173.
Purba.Y.A & Harahap. 2022. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Civicus: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol 06 No.02. hal 1325.
Sarmini. at al. 2023. Pelatihan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Pada Guru SD Negeri 3 Jatilawang. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Vol.7 No.2.
Sontha,Y, et al. 2022. Pemanfaatan Canva dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Para Guru SMA di Kabupaten Padang Pariaman. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Vol.6 No.2 Hal 338.
Sutiyono. S. 2018. Reformulasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Menguatkan Nasionalisme Warga Negara Muda di Wilayah Perbatasan", Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol.6, No.1.
Tri W, Adam M. 2022. Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah. Vol.2 No.1
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional .2003. Jakarta: Depdiknas.
Permendiknas RI No. 23 Tahun 2009 Tentang Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Sekolah. 2009. Jakarta: BNSP
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

