PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME VISUAL NOVEL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 20 SURABAYA

Penulis

  • Dhinendra Choirum Min Alfi Syach Universitas Negeri Surabaya
  • Listyaningsih Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

media pembelajaran, game, visual novel, pendidikan

Abstrak

Pembelajaran saat ini memerlukan media yang dapat memenuhi kebutuhan peserta didik. Adanya teknologi mempermudah guru untuk merancang dan membuat media pembelajaran yang paling sesuai untuk peserta didik, salah satunya adalah game. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran game dengan genre Visual Novel yang diharapkan dapat mempermudah peserta didik memahami materi khususnya materi SMA Fase F yaitu Penerapan Pancasila Dalam Kehidupan Sehari hari serta untuk mengetahui kelayakan dan juga respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan teori kerucut pengalaman Edgar Dale sebagai landasan teori. Pengembangan media dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation) Uji coba dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, serta untuk subjek uji coba terbatas dipilih peserta didik kelas XI SMAN 20 Surabaya karena minat belajar siswa dengan menggunakan teknologi cukup tinggi berdasarkan pengamatan ketika pelaksanaan PLP. Berdasarkan hasil uji validasi ahli dari segi media mendapatkan nilai rata rata 4,1 dalam kategori sangat layak, dari segi materi mendapatkan nilai 4,3 serta hasil uji coba terbatas yang dilakukan oleh peserta didik kelas XI dengan jumlah 30 anak didapatkan nilai 4. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game Visual Novel yang sedang dikembangkan layak digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-03-09

Cara Mengutip

Syach, D. C. M. A., & Listyaningsih, L. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME VISUAL NOVEL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 20 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(4), 788–798. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/58887
Abstract views: 193 , PDF Downloads: 183