PENANGANAN SEKOLAH DALAM MENGHADAPI KEKERASAN DI SEKOLAH (SCHOOL BULLYING) PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 45 SURABAYA

Penulis

  • Sekar Fajriah Universitas Negeri Surabaya
  • Raden Roro Nanik Setyowati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n1.p60%20-%2069

Kata Kunci:

penanganan, sekolah, kekerasan

Abstrak

Kekerasan merupakan hal yang dapat membahayakan seseorang. Kekerasan dilakukan untuk menyakiti orang yang lebih lemah. Kekerasan yang terjadi di sekolah sering menjadi masalah yang harus dihadapi oleh pihak sekolah. Adanya penanganan dari pihak sekolah dapat mengurangi perilaku kekerasan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kekerasan yang terjadi di SMP Negeri 45 Surabaya dan mendeskripsikan penanganan yang diberikan kepada peserta didik yang terlibat dalam kekerasan di sekolah. Penanganan sekolah sebagai proses, cara yang digunakan sekolah dalam menangani kasus kekerasan yang terjadi di sekolah yang di lakukan oleh pihak sekolah dengan pihak yang terlibat kekerasan sedangkan, kekerasan adalah perilaku melawan hukum yang dapat menimbulkan kerugian bagi orang lain, serta mengakibatkan penderitaan baik secara fisik, psikis pada seseorang. Informan penelitian adalah kepala sekolah, guru BK, dan wali kelas di sekolah. Penelitian ini mengggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui proses wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data oleh Miles Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk kekerasan di SMP Negeri 45 Surabaya adalah kekerasan verbal dan fisik. (2) Penanganan yang diberikan dengan melalui pelaporan yang diterima lalu dengan tindakan yang diambil yaitu mediasi (pemanggilan korban dan pelaku) untuk mendengar masalah dari sudut pandang masing-masing, pembinaan yang dilakukan oleh wali kelas atau guru BK dengan memberikan nasihat dan membantu meluruskan dengan didampingi orang tua, dan pengawasan dilakukan untuk melihat bagaimana perubahan perilaku pelaku di dalam kelas setelah diberi penanganan sehingga tidak mengarah pada perilaku kekerasan yang berulang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adiyono, Irvan, & Rusanti. 2022. Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al- Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649-658.

Aini, S. Q. 2016. Fenomena Kekerasan di sekolah (School Bullying) pada Remaja di Kabupaten Pati. Jurnal Litbang, 12(1), 51-61.

Apriadi, & Khadafie, M. 2020. Peran Lembaga Pendidikan dalam Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan Pada Siswa. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(3), 37-46.

Cremin, H., & Guilherme, A. 2015. Violence in Schools: Perspectives (and hope) from Galtung and Buber. Education Philosophy and Theory, 1-15.

Dewi, P. Y. 2020. Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi:Jurnal Pendididkan Dasar, 1(1), 39-48.

Emzir. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

Eriyanti, L. D. 2017. Pemikiran Johan Galtung tentang Kekerasan dalam Perspektif Feminisme. Jurnal Hubungan Internasional, 6(1), 27-37.

Fadilah, G., & Halim, I. A. 2021. Potential for Peacebuilding in Conflict and Violence in Sri Lanka Based on the Thoughts of Johan Galtung. Proceedings the 1st Conference on Ushuludin Studies. 4, hal. 770-781. Bandung: Gunung Djati Conference Series.

Fanani, A. 2022, Januari 11. detiknews. Dipetik Juni 20, 2023, dari news.detik.com: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5893944/siswa-smp-di-banyuwangi-di-bully-hingga-tulang-pahanya-harus-dipotong-4-cm/2

Galtung, J., & Fischer, D. 2013. Johan Galtung: Pioneer of Peace Research (Vol. 5). New York: Springer.

Keysinaya, E. Y., & Nuraeni. 2022. Peran UNCEF Indonesia Menangani Perundungan di Sekolah Melalui Program Roots. Sospol: Jurnal Sosial Politik, 8(2), 207-224.

Mahdiansyah. 2017. Tindak Kekerasan di Kalangan Siswa SMA/SMK (Violence Among Senior High School Student). Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 10(2), 15-28.

Marlangan, F., Suryanti, N. M., & Syafruddin. 2020. kekerasan di sekolah Studi pada SMA/SMK di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(1), 52-61.

Mufrihah, A. 2016. Perundungan Reaktif di Sekolah Dasar dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah. Jurnal Psikologi, 43(2), 135-153.

Nurhadiyanto, L. 2019. Tantangan dan Masa Depan Pengendalian Sosial Cyber Bullying: Diskursus Keterlibatan Sekolah sebagai Bystander. Deviance Jurnal Kriminologi, 3(2), 170-184.

Pramono, W., & Hanandini, D. 2022. Tindak Kekerasan Terhadap Anak Di Sekolah: Bentuk dan Aktor Pelaku. Jurnal Administrasi Publik dan Pemerintahan, 1(1), 1-12.

Rahayu, B. A., & Permana, I. 2019. Bulliying di Sekolah: Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237-246.

Rato, P. E. 2022. Cegah Kekerasandengn SOP Penanganan Pelanggaran Siswa di Sekolah Binaan. Jurnal Citra Pendididkan, 2(2), 474-481.

Setiawati, V. S., Adji, F. T., & Adji, S. E. 2022. Kekerasan dalam Novel Dari Dalam Kubur Karya Soe Tjen Marching: Perspektif Johan Galtung. Jurnal Bastrindo, 171-179.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sudrajat, T., Utami, A. Y., Dinata, R. P., Ihsan, M., & Bakri, K. B. 2020. Pedoma Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendididkan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Tuwu, D. 2018. Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian. Kendari: Literacy Institute.

Undang-Undang No. 39 Tahun 1999. (t.thn.).

UNICEF Indonesia. 2020. Perundungan di Indonesia: Fakta-fakta Kunci, Solusi, dan Rekomendasi.

Diterbitkan

2024-09-09

Cara Mengutip

Fajriah, S., & Setyowati, R. R. N. (2024). PENANGANAN SEKOLAH DALAM MENGHADAPI KEKERASAN DI SEKOLAH (SCHOOL BULLYING) PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 45 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 12(1), 60–69. https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n1.p60 - 69
Abstract views: 157 , PDF Downloads: 301