IMPLEMENTASI PROGRAM DOUBLE TRACK SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK SMAN 1 CAMPURDARAT
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n1.p84%20-%2097Kata Kunci:
Program Double Track, Mandiri, Tanggung JawabAbstrak
Kasus kenakalan remaja memang menjadi sebuah permasalahan kompleks pada peserta didik. Upaya untuk meminimalisirnya melalui penguatan pendidikan karakter mandiri dan tanggung jawab. SMAN 1 Campurdarat merupakan sekolah yang memberlakukan program Double Track di Kabupaten Tulungagung dengan tidak hanya berfokuskan pada pembentukan keterampilan saja melainkan untuk melakukan penguatan karakter mandiri dan tanggung jawab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Double Track dalam melakukan penguatan dan hambatannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini berdasarkan Miles dan Huberman yang terdiri dari empat tahap, yaitu pengambilan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Landasan teori pada penelitian ini adalah teori pembentukan karakter oleh Thomas Lickona.
Pada hasil penelitian terdapat klasifikasi bentuk kegiatan dalam penguatan karakter mandiri, yaitu (1) kegiatan pembekalan keterampilan melalui proses penyampaian materi atau keterampilan; (2) kegiatan pengembangan keterampilan ditunjukkan dengan melakukan sebuah pembaharuan atau inovasi terhadap materi yang sudah diberikan ketika pembekalan keterampilan; (3) kegiatan pengelolaan produk dengan melakukan pengemasan, pelabelan, dan melakukan analisis pasar. Sedangkan pada karakter tanggung jawab, yakni; (1) kegiatan pembekalan keterampilan berkelanjutan terletak ketika pembagian KUS; (2) kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilakukan trainer serta tim ITS; (3) pemasaran produk melalui festival ramadhan, pameran langsung dan kerjasama DUDI.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 110
,
PDF Downloads: 187


